Berbicara tentang kendaraan mitsubishi colt diesel canter disini
saya akan berbagi cerita tentang kendaraan customer yang mengalami boros
oli.Disini kita berbicara boros tidak hanya pada bahan bakar saja namun
kendaraan customer ini mengalami boros oli.Dimana jumlah oli mesin selalu berkurang ketika kendaraan berjalan
setelah beberapa hari.
Oli ditambahkan sesuai posisi level stick oli namun
jumlahnya selalu berkurang ketika setelah dua hari kendaraan berjalan.Ini bisa disebabkan beberapa hal antara lain jumlah oli berkurang
karena ada kebocoran oli mesin.Kita lihat dari kondisi mesin apakah ada
rembesan atau kebocoran oli mesin.Bisa jadi oli berkurang keluar lewat seal
atau gasket yang sudah rusak.
Oli mesin berkurang bisa karena ikut terbakar didalam ruang
bakar.Ini dikarenakan ring piston sudah aus sehingga oli mesin naik keatas
kedalam ruang bakar akibatnya lama-kelamaan jumlah oli mesin akan berkurang.dan
bisa fatal akibatnya jika kendaraan sampai kehabisan oli mesin.Setelah itu customer melakukan over houle engine untuk mengganti
piston dan silinder liner bersama ring pistonnya.
Kendaraan sudah selesai diover
houle dan dinyalakan kemudian dibawa customer pulang untuk bekerja.Selang
beberapa hari kendaraan diperiksa jumlah stick oli mesin dan hasilnya oli
berkurang.Trouble masih seperti semula sehingga analisa ring piston aus kurang
tepat.Dalam hal ini kendaraan colt diesel canter dilengkapi dengan turbo
charger dan pada bagian tengah dari turbin dilengkapi dengan jalur
pelumasan.
Oli adalah pelumasan terbaik didalam engine sehingga selain melumasi
komponen didalam mesin juga melumasi turbo charger.Karena bagian ini sangat
panas dan turbine selalu berputar maka sangat perlu sekali dilakukan pelumasan
dari oli mesin.
Share This :
comment 0 comments
more_vert