Habis Flush Air Radiator Temperatur Engine Menjadi Panas Ternyata Ini Penyebabnya

Habis Flush Air Radiator Temperatur Engine Menjadi Panas Ternyata Ini Penyebabnya
Sumber foto bisabengkel.com

TEMPERATUR - Merupakan hal yng sangat penting pada kendaraan karena untuk mengukur suhu mesin agar tetap stabil dan dalam keadaan normal.Jika kendaraan panas melebihi target dari panas mesin maka akan berakibat bahan yang terbuat dari plastik dapat meleleh dan menyebabkan terbakar lama kelamaan.Juga untuk mesin sendiri dapat bekerja lebih maksimal irit bahan bakar pad temperatur yang normal.

Banyak yang belum tahu bahwa ketika kita sedang mengendarai kendaraan adalah memeriksa kondisi temperatur mesin di dashboar apakah masih dalam posisi normal atau tidak.Bisa dengan sebelum membawa kendaraan untuk menemani sehari-hari maka sebaiknya selalu periksa jumlah air radiator di tampungan.

Baca Juga  Hal yang perlu dilakukan saat service rutin pada pajero sport

Penggantian air radiator untuk semua jenis kendaraan wajib dilakukan agar kerak dan kotoran didalam system cooling dapat keluar dan terbuang.Jika dibiarkan maka air coolant akan berubah menjadi keruh berwarna kuning kecoklatan yang artinya sudah banyak kotoran tercampur di air coolant.

Lakukan flush atau kuras air radiator secara rutin agar mesin selalu dalam kondisi yang prima sehingga temperatur engine akan selalu dalam posisi yang normal.Kualitas iar radiator yang jelek akan mempengaruhi system coolant di engine.Aliran iar tidak lancar dan dapat menghambat di saluran radiator.Jika hal ini terjadi maka temepratur akan panas dan harus dilakukan over houle pembersihan radiator.

Untuk kendaraan yang menggunakan selang banyak dan kecil misalnya selang by pas maka yang perlu diperhatikan saat menguras air radiator adalah dengan memeriksa apakah semua selang by pass sudah terisi air.Jika tidak maka dapat menyebabkan temperatur mesin panas karena jumlah air di system pendingin berkurang.

Dengan cara sebelum menutup tutup radiator sebaiknya setelah kita menguras air radistor maka isi dengan air sampai penuh pada bagian tampungan atau reservoir tank dan pada radiator itu sendiri.Jika semua sudah penuh pada radiator coba kita hidupkan mesinya.Dalam keadaan stasioner kemudian rpm kita naikan sedikit demi sedikit maka jumlah air radiator akan berkurang karena air akan masuk ke bagian mesin terutama pada selang by pass yang juga perlu terisi oleh air.

Setelah semua terisi penuh maka biarkan mesin berputar stasioner kemudian tutup radiator.Coba dilakukan tes jalan apakah temperatur dalam keadaan normal atau temperatur naik.Apabila setelah mengisi air radiator sudah penuh lalau kita menutupnya dan kendaraan dinyalakan maka air di radiator akan tersedot masuk ke mesin sehingga jumlah air radiator akan berkurang dan menyebabkan temperatur mesin menjadi panas.

Hal yang sering dialami ketika kendaraan dalam posisi temperatur mesin panas adalah tiba-tiba AC atau air conditioner menjadi panas dan tidak dingin.Hal ini buka AC nya yang mengalami kerusakan akan tetapi ada masalah di system pendingin mesinya.Karena system pendingin juga menjadi satu kesatuan dengan system AC.Jadi apabila system pendingin bermasalah maka AC juga mengalami permasalahan yaitu tidak bisa dingin.

Baca selengkapnya :
Penyebab suara abnormal pada transmisi colt diesel canter
Cara mudah menyetel timing injeksi pada truck canter
* Gejala mbrebet pada mitsubishi mirage ternyata ini penyebabnya
Share This :