Penyebab Indikator Rpm Mati Pada Kendaraan Mitsubishi Colt T 120 SS

Penyebab Indikator Rpm Mati Pada Kendaraan Mitsubishi Colt T 120 SS

Kendaraan dengan sistem injeksi pasti menggunakan tachometer di odometernya.Kendaraan pada era terdahulu belum dilengkapi dengan control putaran mesin atau Rpm.Dan sekarang disebut dengan tachometer yang dapat mendeteksi putaran mesin.

Pada artikel ini adalah bagaimana mengetahui penyebab tachometer mati pada mitsubishi colt t 120 ss.Pada saat awal di start seharusnya kendaraan hidup dan control rpm pada odometer harus menunjukan posisi putaran engine saat idle atau saat di akselerasi.

Saat itu control rpm dalam posisi mati dan tidak bergerak.Untuk memeriksanya yaitu terlebih dahulu periksa fuse apakah dalam kondisi baik atau tidak.Setelah wiring dalam keadaan normal mala periksa odometer assy.

Baca juga Salah satu penyebab steering berat pada pajero sport

Buka pada bagian belakang odometer assy dan akan terlihat jalur wiring odometer seperti terlihat pada gambar di atas.Setelah membuka trouble yang kami temukan adalah adanya open circuit atau konslet pada jalur tembaganya.Karena terlalu panas adanya konslet sehingga tembaga tidak mampu menahan panas dan akibatnya seperti pada gambar.

Hubungan yang terputus tersebut bisa di sambung kembali menggunakan kabel sehingga aliran arus dapat tersalurkan dan tachometer dapat hidup normal kembali.Untuk beberapa kendaraan jangan memasang variasi kelistrikan secara asal-asalan karena bisa menjadi penyebab kerusakan komponen lain.

Harus memperhatikan pemasangan kabel dengan cara yang benar.Sambungan kabel yang asal jumper ke kabel utama dikendaraan juga akan berpengaruh terhadap kerusakan system kelistrikan pada kendaraan.Lebih aman sambungan tegangan dipasang langsung dari battery dengan menggunakan fuse.

Selengkapnya dapat di baca disini
Penyebab air washer tidak berfungsi dengan baik
Salah satu penyebab motor starter mati
Share This :