Penyebab Kendaraan Mogok Ternyata Dari Komponen Ini

Penyebab Kendaraan Mogok Ternyata Dari Komponen Ini

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang memperbaiki kendaraan injeksi.Singkat cerita pelanggan saya mengeluhkan kendaraan saat di buat perjalanan jauh sekitar tujuh puluh kilometer maka mesin tiba-tiba hilang tenaga dan menjadi mati.Saat saya coba sekitar dua puluh kilometer tidak terjadi masalah pada mesin,normal-normal saja.

Setelah saya perbaiki maka estimasi saya dari coil karena menurut dokter otomotif kalau coil yang sudah bermasalah maka jika sudah panas maka pengapian akan menjadi kecil sehingga mesin akan mati.Maka saya ganti coil tersebut dan setelah kendaraan di pakai customer untuk perjalanan jauh trouble yang sama muncul kembali,kendaraan mogok.

Setelah berhenti beberapa saat sambil mesin di dinginkan kira-kira setengah jam ,di coba mesin di hidupkan kembali dan mesin hidup tanpa kendala.kendaraan menjadi normal kembali,tapi setelah panas mesin mati lagi dengan jarak tempuh yang jauh.

Suatu hari saya follow up dan pelanggan bercerita kepada saya tentang yang dia alami.Untuk itu saya sendiri bermaksud untuk mencoba kendaraan dengan perjalanan yang cukup jauh sekitar tujuh puluh kilometer dan memang kendaraan mogok.Pada saat itu mogoknya saya periksa dari apa penyebabnya:

1.Periksa sistem pengapian dengan cara melepas kabel busi dan businya satu persatu. Masukan busi ke kabel tersebut,kemudian teman yang di dalam mobil men start engine.Hasilnya api muncul dari busi tersebut menandakan sistem pengapian normal dan tidak ada masalah.

2.Periksa sistem udara yang masuk ke dalam mesin.Periksa filter udara apakah tersumbat atau ada benda asing yang menghalangi saluran udara ke dalam mesin.Hasilnya saluran udara tidak ada masalah.

3.Periksa sistem bahan bakar.Langkah terakhir saya memeriksa bahan bakar yang masuk ke injector dari tangki bahan bakar.Saya lepas pipa bahan bakar yang masuk ke dalam injektor dan teman di dalam mobil men start engine.....Nah kelihatan toublenya.
Bensin tidak keluar dari pipa saluran bahan bakar,hal ini menandakan pompa bensin tidak bekerja atau mati.Menurut cerita dari customer tadi setelah mesin di dinginkan sekitar tiga puluh menit mesin di nyalakan bisa.Unuk itu saya istirahat dan menunggu kurang lebih tiga puluh menit.Hampir tiga puluh menit saya menunggu saya cek lagi tekanan bahan bakar dari pompa bensin ,saya suruh teman saya men start engine dan bensin pun keluar dari pipa saluran bahan bakar.

Baca juga Cara membersihkan busi secara baik dan benar

Saya pasang semua komponen yang saya lepas tadi dan saya balik ke bengkel untuk proses penggantian pompa bensin.Setelah saya ganti pompa bensin dengan barang yang orisinal atau genuine maka setelah kendaraan di bawa cutomer perjalanan jauh tidak ada kendala lagi,mesin sudah normal dan siap untuk ke luar kota perjalanan jauh.

Dari cerita pengalaman saya itu komponen electric memang tidak bisa di prediksi kapan rusaknya akan tetapi untuk berjaga-jaga apabila anda sudah merasakan perbedaan dalam berkendaraan maka sebaiknya di periksakan ke bengkel terdekat agar tidak terjadi kendaraan mogok di jalan.
Memang menemukan trouble shooting atau masalah dari kendaraan yang rusak harus perlu investigasi yang lebih mendalam apalagi trouble yang berhubungan dengan kelistrikan.

Jika anda pernah mengalami masalah atau trouble pada kendaraan seperti kasus di atas maka cobalah ganti pompa bensin terlebih dahulu,akan tetapi untuk kasus yang sama belum tentu maslah terjadi dari komponen yang sama,bisa juga dari komponen yang berbeda.

Tips Bengkel Cara memeriksa vehicle speed sensor
Share This :