Pada kendaraan dengan bahan bakar bensin atau kendaraan injeksi di dalam sistemnya menggunakan sensor getaran saat knocking atau nglitik yaitu detonation sensor.Detonation sensor ini terletak menempel di blok mesin sehingga apabila terjadi getaran karena knocking maka sensor ini memberi sinyal ke engine control unit agar timing injeksi di mundurkan.
Jadi fungsi dari detonation sensor ini dapat di simpulkan yaitu untuk mendeteksi getaran yang ada di cylinder block untuk mencegah terjadinya knocking dengan menggunakan pzioelectric.Untuk kendaraan yang tidak di lengkapi dengan distributor kecepatan perubahan idle yang di baca oleh engine control unit untuk mengendalikan knocking.
Disini untuk knocking para pecinta otomotif yang belum paham maka saya dapat menjelaskan kepada anda semua,yaitu knocking adalah suara abnormal yang ditimbulkan oleh dua gelombang yang berbeda,berbenturan di dalam ruang bakar atau silinder.Untuk penyebab kocking diantaranya yaitu timing injeksi yang terlalu maju,sehingga busi memercikan bunga api di dalam silinder lebih cepat dari pada waktu untuk timing.
Akibatnya piston akan menerima ledakan dari campuran dan bahan bakar yang terbakar sehingga piston agar bergetar menyebabkan knocking.Penyebab yang kedua adalah didalam ruang bakar terdapat sumber panas yang menyebabkan campuran udara dan bahan bakar terbakar terlebih dahulu sebelum busi melocatkan atau memercikan bunga api.
Untuk itu pada kendaraan bensin yang menggunakan sistem injeksi di lengkapi dengan detonation sensor agar tidak terjadi kocking atau suara nglitik di mesin.Jika di dalam ruang bakar terdapat sumber panas yang artinya sumber panas ini di dapat dari kerak-kerak yang menempel di ruang bakar sehingga kerak tersebut akan membara menyebabkan sumber panas.Untuk mengatasinya perlu di lakukan pembongkaran cylinder head dan kerak-kerak di dalam ruang bakar di bersihkan semaunya.
Baca juga Cara kerja electronic power steering pada mobil
Gunakan bahan bakar yang mempunyai nilai oktan tinggi sehingga masalah knocking dapat di kurangi dan menghindari kotoran kerak-kerak di dalam ruang bakar yang menjadi sumber panas dan menyebabkan knocking.
Share This :
comment 0 comments
more_vert