Rem Tiba-Tiba Ngunci Dan Macet Pada Truck Colt Diesel Ternyata Ini Penyebabnya

Rem Tiba-Tiba Ngunci Dan Macet Pada Truck Colt Diesel Ternyata Ini Penyebabnya

Kali ini jumpa lagi dengan saya yang akan berbagi pengalaman kepada anda tentang trouble shooting pada kendaraan niaga mitsubishi colt diesel canter.Pada mulanya sebelum kendaraan datang ke bengkel saya,trouble tersebut sudah terjadi lama dan di kerjakan di bengkel luar akan tetapi selalu tidak berhasil.

Kronologi dari trouble ini adalah ketika kendaraan di buat jalan dengan adanya muatan maka setelah berjalan sekitar satu kilometer tiba-tiba tenaga mesin terasa berat dan timbul bau menyengat.Setelah di dongkrak kendaraannya dan di cek pada roda tidak dapat di putar.Hal ini menandakan rem berarti macet atau ngunci.Untuk sementara dengan cara di bleeding pada rodanya maka rem kembali normal.

Setelah di bawa ke bengkel juga di analisa dan di bongkar semua roda.Dari keep rem dan seal roda di lakukan pembongkaran memang terdapat beberapa rem macet dan sebagian ada yang bocor.Diganti semua keep rem dan seal roda kemudian di lakukan pengurasan minyak rem yaitu dengan cara di bleeding.

Hasilnya setelah selesai di lakukan test drive dan rem tidak mengunci seperti yang terjadi sebelumnya.Kendaraan di test drive tanpa beban muatan sehingga apakah trouble sudah teratasi atau belum masih menunggu follow up pelanggan.Setelah kendaraan di bawa pulang selang beberapa hari kendaraan di buat jalan dengan beban muatan,setelah berjalan sekitar dua kilometer rem tiba-tiba ngunci lagi.Perbaikan kemarin berarti masalah belum selesai masih ada penyebab yang lainya,

Setelah di bleeding kendaraan bisa jalan lagi dan di bawa ke bengkel.Kami lakukan analisa dan setelah menganalisa penyebab rem tiba-tiba ngunci maka saya langsung lakukan pembongkaran master remnya.Setelah di bongkar terdapat seal piston master rem yang sudah mengalami perubahan bentuk,untuk itu kemungkinan penyebab dari seal master rem ini.Kami lakukan penggantian master rem assy dan langsung kami pasang kemudian di lakukan bleeding ulang.

Kendaraan di lakukan test drive lagi dan rem terasa berubah dari yang sebelumnya.Setelah di bawa pulang customer selang beberapa hari kami lakukan follow up dan hasilnya rem sudah normal saat kendaraan berjalan dengan beban muatan.

Kesimpulan dari masalah trouble shooting ini adalah rem yang tiba-tiba ngunci di sebabkan oleh seal piston pada master rem yang sudah berubah bentuk karena jarang penggantian minyak rem.Seharusnya minyak rem juga perlu di ganti secara berkala setiap 40.000 kilometer agar seal tau keep rem pada roda juga lebih awet karena perubahan bahan kimia di minyak rem tersebut.
Share This :