Tips Jika Saat Perjalanan Mobil Mengalami Mogok Tiba-Tiba

Tips Jika Saat Perjalanan Mobil Mengalami Mogok Tiba-Tiba

Ketika melakukan perjalanan namun terjadi mobil mogok secar tiba-tiba maka akan terjadi kepanikan dan bingung apa yang harus dilakukan.Masa liburan atau saat mudik lebaran sering terjadi dan kita lihat ada beberapa mobil mogok dijalan.Entah itu mogok karena engine bermasalah,kelistrikan rusak atau ban yang kempes.Untuk mengatasi apa yang harus dilakukan saat mobil mogok dijalan maka simak tips berikut ini.

1. Dorong Mobil Ke Pinggir

Langkah awal ketika mobil mogok di tengah jalan adalah segera pinggirkan mobil ke tepi jalan. Hal ini sangat penting karena kalau tidak segera pinggirkan  mobil ke tepi jalan mungkin akan terjadi tabrakan atau kecelakaan. Jadi Anda harus meminggirkan mobil dudu untuk perbaikan atau memeriksa penyebab mobil mogok.

2. Sekring

Sekring yang putus atau sekedar longgar adalah salah satu penyebab yang membuat mobil Anda mogok. Sekring berhubungan dengan mesin jadi jika putus maka saat Anda putar kunci kontak pada posisi on, panel dashboard tidak bisa menyala. Masalah ini  membuat mobil tidak bisa starter dan lainnya.

3. Aki atau Accu / batre

Jika mobil Anda mogok dan tidak kuat starter, mungkin masalahnya adalah di bagian  aki, mungkin aki mobil sudah lemah. Sebaiknya Anda coba periksa level ketinggian air aki jika pada aki basah dan periksa kabel aki. Kabel aki yang longgar atau kotor bisa menjadi penyebab mesin tidak kuat starter. Jika ia  longgar atau kotor Anda harus buka dan bersihkan dulu.

Cek juga kondisi setrum aki, kabel aki longgar juga dapat membuat aki tidak diisi dan akan membuat aki kurang setrum. Solusi untuk menghidupkan mobil tidak kuat starter bisa dengan cek aki dulu, didorong atau di pancing ( jumper ) menggunakan aki dari mobil lain.

4. Pompa Bensin, dan Karburator

Pompa bahan bakar yang mati juga membuat mobil tidak bisa hidup. Jika pada pompa rotax dan fuel pump injection akan langsung bisa diketahui karena pas kunci kontak pada posisi on maka pompa seharusnya hidup dan akan terdengar bunyi.

Masalah yang sering terjadi pada karburator adalah karburator banjir. Karburator banjir akan membuat busi basah. Dan untuk memperbaiki karburator banjir Anda harus bongkar dan bersihkan karburator atau coba alternatifnya dengan membuang bensin di karburator lewat baut pembuangannya.

5. Dinamo Starter dan Pengisian / Alternator

Jika mobil tidak bisa starter padahal kondisi aki bagus, mungkin masalah terjadi pada dinamo starternya. Anda coba cek dulu kabel yang ke dinamo starternya mungkin saja ada yang copot. Untuk dinamo pengisian, kalau terjadi lampu indikator aki menyala saat mesin hidup maka itu tandanya dinamo tidak mengisi  harus segera perbaiki karena akan membuat mobil mogok saat setrum aki habis.

6. Koil

Untuk bagian komponen ini jarang terjadi masalah, jika terjadi masalah biasanya adalah kabelnya yang putus atau copot dari soket. Jika terjadi kasus koil lemah, gejalanya adalah koil akan mati atau kurang setrumnya jika panas dan akan normal kembali setelah dingin.

7. Periksa Lampu Indikator

Setelah mendorong mobil ke pinggir jalan, selanjutnya Anda harus melihat lampu indikator mobil, letaknya bisa digabungkan dengan odometer (speedometer mobil). Lampu indikator ini memiliki banyak simbol antara lain: simbol aki, simbol air radiator, simbol oli, simbol rem, simbol bahan bakar, simbol mesin, dan lain-lain.

Lampu indikator pada mobil ini sebenarnya terdiri atas 3 warna yakni merah, kuning dan hijau, setiap warna ada artinya sendiri. Untuk warna hijau menandakan bahwa fungsi normal, warna kuning menandakan adanya peringatan sedangkan warna merah berarti  ada yang  harus diperbaiki karena telah rusak, prinsipnya seperti lampu lalu lintas merah , kuning dan hijau.
Share This :