Mitsubishi pajero sport yang lama tentunya sudah lebih dipakai pemiliknya bertahun tahun.Jarak tempuh sudah tentunya melebihi dari 100.000 km karena mungkin kendaraan dipakai dengan operasional tinggi.Pajero sport ini banyak dipakai konsumen dengan type transmisi matic.
Sehingga saat berkendaraan tidak terlalu capek dikaki karena tidak menggunakan kopling untuk menginjaknya dengan kaki.Cukup pedal rem dan pedal gas saja sehingga lebih efisien dan mengurangi tempat.
Tahukan anda para pemilik kendaraan mitsubishi pajero sport yang lama bahwa untuk transmisi matic perlu diganti olinya secara berkala.Agar tidak terjadi kerusakan yang lebih banyak di system trasmisi maticnya.Karena oli mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap panas sehingga jika dipakai dalam jangka waktu yang lama membuat pelumasannya akan berkurang.
Fungsi pelumasan untuk system transmisi matic akan berkurang sehingga clutch atau kopling yang ada di dalam transmisi akan cepat aus.Tenaga engine akan berkurang dan tentunya mobil tidak bisa lari.Oli matic yang sebelumnya berwarna merah akan berubah warna coklat kehitaman karena terkontaminasi dengan clutch yang teah aus.
Info teknologi Fitur canggih hill descent control pada mitsubishi all new pajero sport
Jika hal ini terjadi maka sebaiknya ganti clutch pada maticnya.Namun dengan service yang baik dan penggantian oli transmisi matic secara rutin maka kerusakan tersebut kemungkinan kecil akan terjadi.Dan biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan matic sangatlah mahal dan besar.Karena harga part juga tinggi dan penggantian part yang banyak karena terlalu banyak komponen yang menjadi satu kesatuan.
Dari clutch disc,clutch plate,seal dan lain-lain yang jika dibongkar over houle sebaiknya dilakukan penggantian.Jika tidak dilakukan penggantian maka kemungkinan bisa terjadi rembesan oli dan akhirnya harus bongkar lagi sehingga akan menambah biaya untuk oli maticnya.
Sebenarnya untuk saya sendiri ganti oli transmisi matic itu untuk pajero sport yang lama penggantianya dilakukan berkala setiap 40.000 km.Jadi setiap kelipatan 40.000 km diganti oli matic agar tetap dalam kondisi yang prima tentunya untuk clutch transmisi matic.
Oli transmisi matic yang digunakan adalah ATF SP III genuine dari mitsubishi motors.Menggunakan oli matic kurang lebih 10-12 liter dengan menggunakan alat flush oli matic.Jadi dengan menggunakan alat tersebut semua oli yang ada di system transmisi matic akan keluar semua sehingga dibutuhkan oli yang banyak.
Baca juga Cara yang benar untuk start engine pada mobil matic
Dengan flush oli transmisi matic maka akan menjadikan tranmisi seperti baru kembali karena semua oli yang hitam akan keluar digantikan dengan oli yang baru.Berbeda jika penggantian oli transmisi matic dilakukan secara manual akan tidak sempurna.Karena ada oli yang masih kotor tertinggal didalam.
Share This :
comment 0 comments
more_vert