Rpm Tidak Stabil Pada Mobil Mitsubishi Lancer,Ini Penyebabnya

Rpm Tidak Stabil Pada Mobil Mitsubishi Lancer,Ini Penyebabnya

LANCER - Kendaraan sedan dengan sistem injeksi didesain untuk kendaraan sport dan kelincahanya dalam mengendarainya.Pada kali ini trouble yang terjadi adalah pada kendaraan lancer yaitu rpm tidak stabil naik turun dan saat ketika ac dinyalakan mati mesin langsung drop dan mati.

Begitu juga saat kendaraan sedang berjalan dan ketika lampu merah kendaraan berhenti dan engine langsung mati.Trouble ini sering terjadi pada kendaraan injeksi dengan tahun produksi yang sudah berumur.Sehingga ada komponen yang harus diganti agar rpm engine tetap stabil saat ac dinyalakan atau saat rpm tiba-tiba turun  atau waktu deselerasi.

Untuk memperbaiki permasalahan ini diperlukan service engine tune up.Dari busi kita bersihkan atau jika sudah aus dan berwarna kuning di keramiknya menandakan busi sudah terlalu panas dan perlu diganti.Filter bensin juga harus dibersihkan agar aliran bahan bakar tetap lancar sehingga injektor dapat  menginjeksikan bahan bakar dengan sempurna.

Yang tidak kalah penting adalah membersihkan trotle body secara keseluruhan dengan menggunakan bensin atau carburator cleaner.Biasanya pada trotle body dengan trotle valve mengalami keausan sehingga timbul celah mengakibatkan aliran udara yang masuk keasluran intake lebih banyak dan rpm engine akan besar dengan sendirinya.

Dari itu celah tersebut harus kita tutup dengan plastic steel agar aliran udara tetap akibatnya rpm akan stabil.Karena udara juga masuk ke intake melalui stepper motor maka perlu kita periksa ujung dari stepper motor apakah sudah aus atau tidak..Jika tidak aus maka cukup dengan membersihakanya saja,

Baca juga Bahaya over heat pada engine yang orang belum ketahui

Setelah semua proses pembersihan dilakukan pemsangan kembali.Engine kita nyalakan dan stel SAS pada posisi sesuai idling rpm yaitu sekitar 750-800 rpm.Dan saat ac dinyalakan maka stepper motor ini bekerja untuk membuka jalur udara sehingga aliran udara yang masuk bertambah maka rpm akan naik sesuai dengan beban engine agar engine tidak drop.

Setelah semua selesai penyetalan kendaraan dicoba jalan dan waktu lampu merah kendaraan berhenti mesin tidak mati dan rpm tetap pada posisi idling.Analisa saya dari trouble ini adalah adanya celah antara trotle valve dengan trotle body sehingga membuat rpm tidak stabil.
Share This :