Ban Belakang Cepat Aus Maka Perlu Dilakukan Hal Berikut Ini I SPOORING 4 RODA

Ban Belakang Cepat Aus Maka Perlu Dilakukan Hal Berikut Ini I SPOORING 4 RODA

Kendaraan agar steering stabil dan keausan ban tetap rata maka perlu dilakukan yang namanya spooring.Beberapa kendaraan yang sering dilakukan spooring hanya bagian roda depan saja.Akan tetapi dikendaraan ada juga yang bagian roda belakang perlu dilakukan penyetelan spooringnya.

Karena roda belakang dilengkapi dengan penyetelan baik chamber ataou toe nya.Hal ini  sama jika tidak dilakukan penyetelan seperti roda depan maka ban akan makan sebelah yaitu aus tidak rata.Steering akan terasa tidak nyaman karena spooring tidak sesuai nilai yang telah ditetapkan oleh alat spooring tersebut.

Namun sebelum kendaraan dilakukan spooring perlu dilakukan yang namanya pemeriksaan suspensi dari roda depan dan belakang.Untuk roda depan perlu kita angkat roda depan dan dicek dari kekocakan tie rod,ball joint,suspensi dan bearing.Jika semuanya baik maka langsung siap untuk dispooring.

Info Trouble Engine tiba-tiba mati sendiri kondisi mesin panas pada colt t 120 ss

Jika ada bagian yang kocak atau rusak maka sebaiknya dilakukan perbaikan terlebih dahulu.Karena jika dlakukan spooring akan percuma karena kaki-kaki suspensi tidak sempurna.Maka nilai spooring kana berubah tidak sesuai dengan hasil spooring.Nilai tersebut berubah karena ada kekocakan atau play di roda depan.

Suspensi atau shock absorber juga akan pengaruh karena jika shock absorber bocor maka suspensi akan tidak dapat bekerja dengan baik saat dijalan berlubang atau tidak rata.Nantinya juga akan mempengaruhi hasil spooring.Meskipun spooring sudah sempurna namun keausan ban akan tetap terjadi karena masalah shock absorber tadi.

Ban belakang juga demikian saat akan dilakukan spooring juga perlu diperiksa suspensi belakang.Dari bhusing-bhusing sayapan roda belakang.Lengan ayun atau arm wing kanan dan kiri roda belakang.Tie rod stabilizer dan juga shick absorbernya.Harus semua dalam kondisi baik sehingga spooring dapat dilakukan dengan baik.

Percuma saja jika dilakukan spooring akan tetapi semua komponen dalam keadaan rusak atau aus.Meskipun ban tadi sudah aus dan diganti ban baru karena kendaraan sudah dilakukan spooring maka kemungkinan besar keasuan ban akan terjadi lagi dengan cepat dan ausnya tidak rata.

Baca juga Letak posisi nomer rangka dan mesin mitsubishi xpander

Untuk itu sebaiknya perbaiki semua suspensi dikendaraan seperti yang sudah saya jelaskan di atas baik untuk roda depan atau roda belakang.Proses spooring baru bisa dilakukan dan setelah itu ganti ban sebaiknya dilakukan jika sudah aus tidak rata entah bagian ban sebelah dalam atau ban bagian luar.

Kebanyakan untuk spooring ban belakang ada dikendaraan jenis sedan,berbeda untuk kendaraan yang lain.Maka sering terjadi keausan ban belakang di bagian sebelah dalam karena chamber tidak sesuai dengan standartnya.Kalau kendaraan lain yang tidak ada spooring ban belakang maka kemungkinan kecil ban belakang aus tidak rata.
Share This :