Penyebab Mesin Mati Pada Mobil Type Injeksi,Cek Komponen Ini

Penyebab Mesin Mati Pada Mobil Type Injeksi,Cek Komponen Ini

Crank Angle Sensor merupakan sensor yang ada pada engine system injeksi baik bermesin bensin atau system diesel common rail.Dengan mendeteksi putaran mesin maka wiring order dapat diketahui sehingga pengapian dan system bahan bakarnya dapat bekerja untuk system injeksi bensin.

Pada artikel kali ini kita berbicara tentang crank angle sensor untuk kendaraan system injeksi kendaraan bermesin bensin.Untuk crank angle sensor biasanya terletak di bagian depan engine bawah pulley.Untuk kendaraan mitsubishi biasanya ada di cepan dekat dengan pulley crank shaft,Sensor ini akan mendeteksi dari gigi sproket di crankshaft.

Sproket tersebut berada di dalam dan menempel di crankshaft untuk penggerak engine menggunakan timing belt.Gigi sproket ini ada yang bagian ompong dalam arti tidak semua berupa gigi namun ada bagian yang tidak ada giginya di dua bagian.Ini menandakan normal dan tidak patah karena digunakan untuk mendeteksi engine apakah pada silinder TOP 1 atau silinder TOP 4.

Info service Penyebab asap hitam dan tenaga kurang pada truck canter

Untuk memeriksa CAS seperti terlihat pada gambar yaitu dengan menggunakan tes lamp yang dibuat secara manual.Untuk Pin no 3 kita periksa dengan teslamp,saat kunci kontak ON maka pada pin no 3 akan ada supply power dari enginne power relay sebesar 12 volt.Jika tidak ada tegangan 12 volt kemungkinan ada masalah di power relay dan bisa juga dari fuse injeksi.

Kedua memeriksa dari terminal pin no 1 yaitu ground.Hubungkan ohm meter terminal no 3 dengan ground,jika ada continuitas maka kabel atau wiring untuk ground crank angle sensor dalam keadaan baik.Untuk itu dilanjutkan dengan memeriksa terminal no 2 yang berhubungan dengan engine control unit atau ECU.

Memeriksa tegangan input dari ECU pada terminal no 2 tidak lagi menggunakan tes lamp atau ohm meter akan tetapi menggunakan LED kecil.Sehingga dengan menggunakan LED akan terdeteksi tegangan input dari ECU.Dengan posisi terminal + LED di tempelkan ke terminal pin no 2 crank angle sensor dan kaki LED satunya ke ground.Lakukan start engine sambil lampu LED kita lihat.Jika menyala kedip-kedip saat engine di start menandakan bahwa CAS dalam keadaan baik.Sebaliknya jika lampu LED menyala  terus atau mati terus menandakan crank angle sensor dalam keadaan rusak.

Baca juga Penyebab temperatur engine panas pada kendaraan ,salah satunya dari part ini

Share This :