Salah Satu Penyebab Engine Nglitik Saat Temperatur Panas Pada Mobil

Salah Satu Penyebab Engine Nglitik Saat Temperatur Panas Pada Mobil

Pernah kita saat mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan saat temperatur panas terdengar bunyi seperti pukulan besi antar besi yaitu nglitik.Inilah yang sebenarnya terjadi pada kendaraan bensin terutamanya yaitu knocking.

Suara ini timbul karena di dalam ruang bakar di kendaraan sangat kotor sekali.Terdapat banyak kerak dan endapan karbon yang mana jika temperatur mesin panas maka akan membara sehingga menyebabkan timing pengapian dan pembakaran mesin lebih maju atau dipercepat.

Jika terjadi seperti ini maka hal yang harus dilakukan adalah over houle cylinder head untuk menghilangkan kerak dan endapan karbon di ruang bakar.Apabila sudah dilakukan pembersihan maka tenaga engine akan kembali seperti semula sehingga kendaraan akan kembali fit.

Agar endapan karbon di ruang bakar tidak menumpuk dan sangat kotor sekali maka di perlukan pemeriksaan dan pembersihan pada saringan udara sehingga udara yang masuk benar-benar bersih sehingga tidak tercampur dengan kotoran dan debu yang bisa membuat kerak di ruang bakar.

Info trouble Temperatur tidak normal pada mobil diesel ternyata ini penyebabnya

Cara mudah sekarang ini adalah dengan membersihkan ruang bakar tanpa harus membongkar cylinder head.Cukup menggunakan cairan kusus yang digunakan untuk membersihkan ruang bakar.Digunakan alat khusus sehingga cairan tersebut dapat di ambil kembali dari ruang bakar.Sehingga ruang bakar akan kembali bersih.

Untuk bagaimana cara pemeriksaan dan perbaikan juga pembersihan ruang bakar tanpa harus membongkar akan saya infokan di artikel selanjutnya.Cukup dengan biaya murah kita sudah dapat membersihkan ruang bakar tanpa harus membongkar.

Dengan membersihkan ruang bakar dengan cairan khusus mungkin hasilnya tidak maksimal.lebih maksimal jika harus membuka cylinder head dan permukaan atas piston dibersihkan.Dan juga valve di sekur agar valve dapat menutup dengan sempurna pada saat di over houle.

Dengan begitu piston dibersihkan dari kerak,valve dibersihkan dan saluran intake juga exhaust manifold dibersihkan semua sehingga hasilnya akan maksimal.Tenaga engine akan kembali seperti baru lagi dan gejala engine knocking atau engine nglitik saat temperatur panas tidak timbul lagi.

Baca juga Cara mudah memperbaiki stasioner naik turun pada mobil injeksi
Share This :