Ada banyak penyebab mengapa mobil
matic sampai mogok di jalan, sama sekali tidak mau bergerak. Di satu sisi,
mobil matic memberikan pilihan kenyamanan berkendara. Tapi karena kenyamanan
itu, membuat orang acap kali lupa melakukan perawatan hal-hal kecil yang
sederhana, yang bisa dilakukan sendiri, tanpa harus pergi ke bengkel atau minta
bantuan teknisi.
Agar tidak sampai terdampar di
jalanan, ada baiknya Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi mobil
matic mogok dalam situasi darurat seperti itu. Apa saja yang bisa Anda
dilakukan?
Jangan Panik
Ketika mobil matic Anda mendadak
mogok di jalan, jangan panik. Hadapi dengan santai kenyataan itu, anggap saja
itu bagian dari “pengalaman berkendara” yang baru bagi Anda. Kalau kita tidak
panik, pikiran menjadi jernih, sehingga solusi lebih mudah didapat.
Pinggirkan Mobil
Langkah pertama yang harus Anda
lakukan adalah meminggirkan mobil matic Anda. Cari tempat yang aman, supaya
tidak mengganggu perjalanan orang lain. Karena kalau Anda membiarkan mobil Anda
berapa di tengah jalan, apalagi di jalan tol, bisa membahayakan diri Anda dan
pengendara jalan lain. Caranya geser tuas transmisi ke posisi N (netral), lalu
dorong mobil berlahan-lahan. Anda bisa minta bantuan orang lain, untuk membantu
mendorong mobil ke tepian.
Periksa Jejak Oli
Setelah mobil berada di posisi
aman, coba lihat di bawah kolong mobil apakah ada jejak oli matic tercecer. Oli
matic umumnya berwarna merah, jadi mudah membedakannya dengan oli mesin. Lihat
juga di bagian kolong mesin, tepatnya di bawah transmisi otomatis. Tiap-tiap
mobil berbeda, ada yang di sebelah kanan mesin ada yang disebelah kiri.
Untuk
mobil matic berpenggerak roda belakang, posisi transmisi otomatis umumnya ada
di belakang mesin.Lihat bagian bawah unit transmisi
matic itu, apakah ada bekas kebocoran oli. Lihat pula pipa/selang pendingin oli
matic yang terhubung ke radiator. Ada dua selang di sana. Apakah ada
tanda-tanda kebocoran? Apakah kondisi selang rusak, pecah atau sambungan selang
lepas atau bocor? Perhatikan dengan cermat.
Cek Kondisi Kelistrikan
Coba putar kunci kontak pada
posisi ON. Mesin jangan dinyalakan. Perhatikan apakah semua lampu indikator
pada panel instrumen menyala. Khusus untuk lampu indikator Check Engine/MIL
biasanya ketika kunci kontak diputar ke posisi ON akan menyala untuk beberapa
saat, sebelum akhirnya mati kembali.
Nyalakan Mesin Mobil
PERHATIKAN
Langkah ke 3.
Sebelum Anda memutuskan untuk menyalakan mesin mobil, pastikan bahwa tidak ada tanda-tanda kebocoran oli matic. Kalau Anda menemukan ada kebocoran oli matic, jangan sekali-kali menyalakan mesin mobil. Karena ketika mesin dihidupkan, putaran mesin langsung diteruskan ke input shaft transmisi otomatis.
Sebelum Anda memutuskan untuk menyalakan mesin mobil, pastikan bahwa tidak ada tanda-tanda kebocoran oli matic. Kalau Anda menemukan ada kebocoran oli matic, jangan sekali-kali menyalakan mesin mobil. Karena ketika mesin dihidupkan, putaran mesin langsung diteruskan ke input shaft transmisi otomatis.
Putaran as
(input shaft) tanpa dukungan oli matic, berpotensi merusak komponen dalam
transmisi otomatis seperti as (shaft), laher (bearing), bantalan (bushing),
kopling searah (one way clutch), dan karet seal.
Periksa Lampu Indikator Transmisi
Matic
Dalam kondisi mesin mati atau
hidup, ketika kunci kontak ada di posisi ON, periksa lampu indikator transmisi
otomatis pada panel instrumen. Ketika tuas ada di posisi P, R, N, D, 2, L
misalnya, apakah lampu indikator pada masing-masing pilihan pengoperasian itu
menyala. Coba pula untuk posisi yang lain. Kalau tersedia, mode pengoperasian
economic, normal, atau power apakah masih menyala.
Bagaimana dengan nyala lampu
indikator overdrive/OD OFF. Kalau lampu indikator tidak menyala untuk salah
satu/sebagian atau seluruhnya, bisa disimpulkan terjadi kegagalan fungsi
kelistrikan. Sebaiknya hubungi teknisi/bengkel mobil matic terdekat.
Setelah Anda melakukan
pengecekan, bila Anda melakukan dengan baik, Anda sudah akan bisa menyimpulkan
apa masalah utama mobil matic Anda sampai mogok total. Setelah Anda tahu,
bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya:
1. Masalah Oli Matic
Umumnya mengapa mobil matic bisa
sampai mogok di jalan – meski mesin hidup mobil tidak mau jalan sekalipun tuas
di posisi D – karena tidak ada tekanan oli. Ingat bahwa semua sistem penggerak
dalam unit transmisi baik kerja servo, clutch, torque converter ditentukan oli
bertekanan.
Jika tekanan oli lenyap, sudah
pasti mobil matic tidak bisa jalan. Langkah yang paling tepat untuk memastikan
adalah dengan mengecek volume oli matic dengan mencabut dipstik, lalu melihat
ketinggiannya. Kalau tidak ada jejak batas oli pada dipstik, patut dicurigai
oli matic mobil Anda kurang atau kosong.
Penyebab kosongnya apa? Umumnya
karena terjadi kebocoran yang parah, yang biasanya berasal dari sambungan
selang pendingin oli matic atau selang sudah aus dan pecah. Kalau ini yang
terjadi segera ganti selang. Dalam kondisi darurat boleh diganti dengan selang
apa saja, asalkan bisa menahan suhu panas oli transmisi matic saat sedang bekerja.
Ganti selang, lalu isi oli matic.
Karena kondisi darurat, kalau Anda sulit mendapatkan oli matic sesuai
rekomendasi pabrik, untuk sementara isi oli matic aftermarket. Perhatikan
spesifikasi oli maticnya, usahakan yang paling mendekati dengan oli aslinya.
Tuangkan oli matic dalam transmisi, sampai ketinggian sesuai petunjuk pabrikan.
Kalau oli sudah terisi sesuai dan
volumenya cukup, masalah selesai. Jalankan mobilnya. Jangan lupa untuk
mengganti selang dengan kualitas yang sama, setelah sampai di bengkel atau toko
onderdil terdekat. Ganti oli sesuai dengan spesifikasi atau rekomendasi pabrik.
2. Masalah Kelistrikan
Produsen mobil/transmisi otomatis
sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk bila terjadi kegagalan kerja
kelistrikan pada transmisi otomatis. Jadi nggak usah khawatir. Sekalipun
terjadi gangguan sistem kelistrikan pada transmisi otomatis – seperti lampu
indikator posisi tuas tidak menyala atau beberapa mode pengoperasian tidak
bekerja, mobil matic masih tetap bisa dijalankan.
Kalau terjadi gangguan sistem
kelistrikan, dalam kondisi darurat Anda masih memungkinkan untuk menjalankan
mobil sampai ke tujuan aman terdekat. Atau sampai Anda bisa menemukan bengkel
terdekat.
3. Masalah Mekanik
Tidak jarang, mogoknya mobil
matic terjadi akibat kegagalan fungsi mekanis. Salah satu atau beberapa
komponen mekanis rusak, tidak berfungsi, sehingga mobil tidak bisa jalan.
Umumnya kalau terjadi kerusakan mekanis transmisi otomatis, sebelum mobil matic
benar-benar tidak bisa dijalankan, muncul bunyi misterius. Misalnya seperti
bunyi logam beradu.
4. Mesin Mobil Tidak Menyala
Kalau mogoknya mobil matic Anda
karena mesin mobil ngadat dan tidak mau menyala. Solusi terbaik beresin dulu
masalah mesin sampai bisa dihidupkan.
Langkah
paling bijaksana saat menghadapi mobil matic mendadak tidak mau berjalan,
adalah dengan meminggirkan kendaraan Anda terlebih dulu. Jangan sampai justru
menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.Semoga bermanfaat artikel kali ini untuk
para pecinta otomatif yang memiliki kendaraan matic.
Share This :
comment 0 comments
more_vert