Kendaraan yang masih menggunakan kopling manual tentunya kadang kala mengalami permasalahan di transmisinya.Yaitu transmisi susah masuk gigi,entah itu disemua gigi atau hanya pada beberapa misalkan hanya di alot masuk gigi 1 dan 2.
Permasalahan ini sering dijumpai dan ternyata penyebabnya adalah berbeda.Untuk trouble kendaraan semua yang masih menggunakan kopling manual pasti menggunakan komponen ini.Komponen yang terdiri dari master kopling,power clutch dan pipa sambungan juga minyak kopling.
Akan saya bahas mengenai kerusakan karena permasalahan di system hidrolik.Kopling mengalami kebocoran di power clutchnya.Apabila rembes atau bocor maka akan berakibat tekanan dari master clutch akan hilang karena bocor tadi.
Sehingga release bearing tidak dapat menggerakan clutch cover untuk membebaskan clutch disc ( kampas kopling).Dengan kopling tidak dapat bebas dengan sempurna saat masuk gigi transmisi akhirnya alot atau bunyi "grak".
Setelah kita mengetahui dari power clutch yang bocot maka langsung dilakukan pembongkaran.Cek kondisi pistonya yang ada seal.Apakah sudah rusak berubah bentuk atau sobek sehingga perlu di lakukan penggantian.
Baca juga Penyebab ac panas pada mobil daihatsu grand max
Begitu juga kondisi rumah dari power clutch.Dengan sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu agar terlihat bagian dinding rumah power clutchnya.Dengan cara dibersihkan kemudian dengan dilihat dikondisi yang terang.Apakah rumah sudah aus tidak rata atau masih dalam kondisi bagus.
Berbeda jika kondisi sudah aus dan tidak rata.Dengan hanya penggantian piston sealnya saja maka kemungkinan seal akan rusak kembali dan akhirnya bocor atau rembes.Jika rumah power clutch sudah aus maka wajib ganti power clutch secara assy.
Penyebab kopling alot
Penggantian selesai kemudiam dilakukan bleeding system di system kopling nya.Buang semua minyak kopling yang lama dan ganti dengan minyak kopling yang baru.Sehingga seal akan lebih awet karena minyak kopling yang baru.Jika masih menggunakan minyak kopling lama maka kemungkinan seal akan cepat berubah bentuk karena efek kimia dari minyak kopling lama.
Info teknik Fungsi penting water pump di cooling system mobil
Setelah penggantian periksa kembali posisi tuas transmisi ketika dimasukan ke gigi 1 atau 2 dan seterusnya.Apakah sudah pas untuk masuk gigi atau belum.Jika masih bunyi kemungkinan setelah free pedal kopling belum pas.Sehingga perlu dilakukan penyetelan ulang sampai didapatkan setelah yang pas dan sesuai.
Share This :
comment 0 comments
more_vert