Penyebab Engine Kasar Setelah Beberapa Lama Pemakaian Oli I Salah Pilih Oli Mesin

Penyebab Engine Kasar Setelah Beberapa Lama Pemakaian Oli I Salah Pilih Oli Mesin

Dalam perawatan kendaraan perlu yang dilakukan penggantian oli mesin secara rutin agar engine selalu dalam keadaan yang bersih.Bebas keras dan kotoran berupa lumpur atau carbon karena jika oli ada kotoran atau lumpur lama-kelamaan akan menutup saluran oli dan menjadikan engine akan rusak.

Oli mesin diganti setiap 5000 kilometer dan ada juga yang diganti secara berkala setiap 10.000 kilometer.Mau diganti berapapun dari pabrik sudah merecomendasikan dan jika rutin maka membuat engine akan lebih awet dan bebas dari kerusakan.

Dari contoh kendaraan yang pernah datang ke bengkel yaitu mengeluhkan engine suara kasar saat stasioner dan suara semakin kasar ketika engine diakselerasi.Kemudian kami lakukan pemeriksaan untuk membuka tutup klep atau valve.Rencana akan dilakukan penyetelan katup atau valve pada kendaraan.

Dilakukan pelepasan untuk cover klep dan apa yang terjadi ternyata komponen untuk valve sabgat kering sekali dan hampir tidak ada oli mesin di mekanisme valve.Maka dapat langsung diketahui bahwa penyebab suara kasar adalah dari oli mesin yang tidak bisa naik ke atas yaitu dari carter mengalir ke cylinder head.

Jika dilihat dari tutup klep terlihat carbon dan lumpur hitam yang sudah berubah jadi kerak.Jika kita lepas seperti intip sehingga kemungkinan jalur oli ada yang tersumbat.Karena setelah dicek untuk jumlah oli mesin masih sesuai standart dan tidak berkurang.

Langsung dilakukan pelepasan carter untuk memeriksa ruang oli apakah ada yang tidak normal.Ternyata oli juga sudah menjadi kerak dibagian samping carter.Oil scren yaitu penyaring oli untuk pertama kali didalam carter sudah tertutup lumpur yang mengeras.Sehingga ketika mesin hidup kemudian pompa bekerja akan tetapi karena oil scren tertutup maka oli tidak bisa di hisap oleh oil pump.

Oil screen dibersihkan dan carter juga di bersihkan dari sisa carbon dan kerak oli yang mengering.Setelah semua dibersihkan maka semua siap untuk dipasang dan di isi dengan oli mesin yang baru.Filter oli juga diganti dan kendaraan siap dinyalakan.Suara engine saat stasioner sudha berubah dari kasar menjadi halus sekali.Akan tetapi setelah di akslerasi engine masih kasar dan tidak bisa sembuh.

Baca juga Susunan sakering untuk mitsubishi fuso truck canter

Meskipun valve sudah dilakukan penyetelan ulang akan tetapi suara kasar saat akselerasi masih timbul.Kemungkinan yang rusak adalah metal jalan dan metal duduk yang ada di crankshaftnya.Piston juga pasti sudah aus sehingga sura kasar saat putaran engine lebih cepat.Jika sudah demikian maka perlu dilakukan engine over houle untuk melihat komponen yang rusak.

cara setting camera mundur xpander yang mati

Komponen yang rusak tadi dikarenakan saat engine hidup tidak ada pelumasan oli sma sekali karena jalur oli tertutup lumpur yang mengering.Untuk itu pemilihan oli mesin jangan yang asal,karena bisa seperti ini akibatnya.Pilih yang berkualitas dengan harga yang kompetitif.Biasanya untuk oli mesin yang dijual di delaer resmi akan lebih bagus karena di supply langsung dari APM kendaraan tersebut.

Mungkin yang dijual dipartshop kita tidak tahu apakah berkualitas atau tidak karena dengan harga yang lebih murah bisa jadi bahan untuk oli tersebut kurang baik.Sehingga dalam waktu lama maka oli akan berubah menjadi lumpur dan akhirnya menjadi kerak menutup saluran oli mesin yang lubangnya kecil.

Info trouble lakukan ini jika tenaga engine mitsubishi Xpander kurang I Gurah Engine
Share This :