Kendaraan niaga sering sekali lupa untuk melakukan perawatan secara berkala karena rutinitas kendaraan setiap hari yang tiada henti sehingga membuat kendaraan terasa di paksa untuk berjalan.Tanpa istirahat dan lupa akan perawatan akan membuat kendaraan lebih cepat rusak.
Jika kendaraan setiap hari kerja muat barang sampai berminggu dan berbulan-bulan maka pasti mobil akan terasa tidak nyaman untuk dikendarai.Entah tarikan engine yang kurang,system rem yang kurang pakem atau dari system transmisinya yang susah masuk gigi.
Untuk semua kendaraan sebenarnya perlu dilakukan sperawatan secara berkala yaitu penggantian dari hal yang sederhana yaitu ganti oli mesin dengan filter oli termasuk juga oli transmisi dan oli gardan.Hal yang sederhana jika dilakukan secara rutin maka kendaraan akan awet dan tidak ada kerusakan.
Penggantian minyak rem bersama minyak power steering juga perlu dilakukan agar seal dan juga kondisi rem selalu dalam keadaan baik.Jika minyak rem sudah kotor maka akan merusak keep rem yang ada di roda sehingga rem akan rembes dan membuat kerja rem menjadi tidak sempurna.
Bearing roda juga perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala yaitu penggantian grease agar tidak terjadi kerusakan di bearing roda.Kadang ada yang tidak melakukan perwatan berkala akan tetapi perbaikan setelah adanya masalah dikendaraan.
Hal itu akan membuat perbaikan memerlukan jumlah dana yang lebih besar karena kemungkinan pasti akan ganti komponen yag rusak.Berbeda jika melakukan perawatan berkala misal ganti grease roda dilakukan setiap 30.000 kilometer maka yang diganti adalah grease saja karena bearing kemungkinan masih bagus.
Baca juga Informasi tentang steering gear box di power steering mitsubishi canter
Berbeda jika kendaraan sudah mencapai 100.000 kilometer tapi belum pernah sama sekali ganti grease maka jika rusak pasti dari bearing yang aus dikarenakan tidak ada pelumasan yang baik di bearing roda.Apabila setiap 30.000 km dilakukan grease ulang maka pelumasan bearing akan selalu terjaga karena dengan grease baru akan membuat bearing menjadi tidak panas ketika kendaraan berjalan.
Penyebab temperatur canter panas I Radiator buntu
Untuk itu perawatan secara berkala sesuai buku petunjuk dari dealer perlu dilakukan agar kendaraan awet.Jika tidak melakukan maka akan terjadi service besar dengan permasalahan yang komplek.Akhirnya komponen banyak yang rusak dan harus diganti.Pasti keluar biaya yang tidak sedikit untuk service tersebut.
Info teknik susunan sakering untuk mitsubishi colt diesel canter
Share This :
comment 0 comments
more_vert