System cooling dikendaraan merupakan hal yang sangat penting.Karena untuk mendinginkan kendaraan agar tidak terjadi overheat.Pendingin di kendaraan itu menggunakan sebuah air radiator dengan dibantu di dinginkan oleh radiator.
Radiator saat kendaraan berjalan di dinginkan dengan udara yang mengalir dan berhembus dari depan.Selain itu ada juga pembantu menggunakan sebuah motor kipas.Di beberapa kendaraan untuk kipas radiator ada yang menggunakan electric fan dan ada yang menggunakan dengan bantuan dengan putaran engine.
Untuk kendaraan kecil seperti grand livina,xpander,brio,yaris,honda jazz dan lain-lain.Sekarang ini banyak sekali menggunakan kipas radiator yang di kontrol secara electronic.Jadi ketika kendaraan posisi dingin maka kipas ini tidak berputar,dan ketika temperatur engine sudah mulai panas maka electric fan akan berputar secara otomatis.Begitu temperatur engine sudah mulai stabil dan turun ke temperatur normal maka kipas juga akan mati dengan sendirinya yaitu secara otomatis.
Berbeda untuk kendaraan besar seperti fortuner,pajero dan juga kendaraan truck menggunakan kipas radiator dengan bantuan putaran engine.Jadi kipas ini selalu berputar ketika engine dinyalakan sehingga radiator akan selalu mendapatkan pendinginan yang cukup.
Untuk kendaraan terdahulu kipas radiator yang digerakan dengan putaran mesin dengan bantuan sebuah fan belt di buat secara menyatu.Engine hidup langsung kipas berputar cepat sehingga radiator selau dalam keadaaan dingin terus.Meskipun engine baru dihidupkan akan tetapi kipas langsung bekerja.
Baca juga oli mesin sintetik yang cocok untuk daihatsu xenia vvti
Berbeda dengan kipas radiator untuk type kendaraan sekarang ini yang masih menggunakan penggerak engine.Kipas radiator sudah dimodifikasi dan diperbarui dengan menggunakan sebuah fan clucth.Yaitu kipas yang berputar secara otomatis dengan adanya fan clucth tadi.Meskipun engine baru hidup maka kipas berputar namun tidak kencang.
pentingnya engine flush
Kipas akan selip karena adanya fan clucth yang didalamnya ada sebuah silikon dan sensor panas.Baru setelah radiator panas maka sensor panas ini membuat fan clucth menjadi satu kesatuan sehingga dapat mendinginan engine dengan baik.Dengan adanya inovasi fan clucth ini maka kerja engine semakin baik karena ketika engine baru dihidupkan tidak terjadi putaran kipas yang kencang.
Info service biaya perbaikan inhibitor switch pada kendaraan pajero sport
Share This :
comment 0 comments
more_vert