Banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab mesin mobil tidak bisa hidup. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan mesin mobil tidak bisa hidup, antara lain adalah tidak ada api busi, pompa bahan bakar atau injektor tidak kerja, sensor mesin bermasalah pada mobil injeksi, timing mesin lompat, kompresi mesin hilang, silinder head mesin bocor sehingga air memenuhi ruang bakar hingga masalah ecu serta kunci kontak immobillizer.
Mesin tidak bisa hidup saat distarter yang disebabkan oleh konslet pada speed sensor pada transmisi matic. Akibat konslet pada speed sensor tersebut menyebabkan ecu panas berlebihan, ketika kunci kontak ON tidak terdengar suara pompa bensin dari dalam tangki, lampu check engine tidak mau mati sesaat setelah ON kunci kontak dan ketika diperiksa menggunakan alat scan, terjadi error communication with vehicle ECU.
Untuk mengetahui penyebab masin honda jazz vtec matic tahun 2006 tidak bisa hidup ini langkahnya lumayan lama, karena begitu saya datang saat starter mesin langsung hidup. Ketika mesin hidup sewaktu saya colokan alat scan di soket OBD2 mesin langsung mati.
Dari informasi yang saya dapatkan, saat mesin bisa hidup ketika pindah gigi persneleng matic dari P ke gigi lain baik R maupun gigi D mesin tidak bisa digas, hilang tenaga dan langsung mati, kalau sudah mati seperti itu, beruntung jika setelah seharian mesin bisa dihidupkan kembali.Pada kondisi mesin mati tersebut, ketika diperiksa dengan alat scan, alat scan tidak bisa berkomunikasi dengan ecu, seperti ecu kehilangan power suplai.
Saat ecu diperiksa, pada body ecu terasa panas yang tidak wajar yang kemungkinan besar terdapat komponen yang konslet. Setelah ecu dibuka untuk mencari sumber panasnya berasal dari mana, diketahui sumber panas berlebihan pada ecu tersebut adalah dari regulator tegangan 5 volt. Regulator tegangan ini yang merubah 12v dari aki menjadi 5 volt untuk konsumsi komponen elektronika pada Ecu.
Saat dilakukan pengukuran output regulator voltage 5 volt, output tegangan terbaca Nol volt sedangkan input 12v. Setelah menelusuri jalur out put regulator, terdapat satu jalur kabel keluar dari ecu dengan kabel warna kuning strip merah, setelah ditelusuri kabel tersebut menuju speed sensor di transmisi matic.Ketika dilakukan pengukuran nilai tahanan pada kabel kuning strip merah dengan ground untuk menentukan penyebab short yang membuat regulator tegangan ecu honda jazz vtec tersebut panas, terbaca sekitar 100 ohm saja.
Saat kabel kuning strip merah menuju speed sensor tersebut di putus, ketika kunci kontak ON langsung terdengar bunyi pompa bahan bakar dari dalam tangki dan ketika mesin distarter langsung hidup. Dan alat scan pun sudah bisa berkomunikasi dengan ecu untuk diagnosa masalah selanjutnya.Setelah masalah speed sensor pada transmisi matic honda jazz vtec matic ini di atasi mobil pun normal kembali.
Share This :
comment 0 comments
more_vert