Cylinder head merupakan komponen tempat untuk valve mekanisme dan di situ terdapat klep yang di hubungkan oleh rocker arm dengan bantuan push rod untuk menggerakannya.Banyak terjadi kerusakan di cylinder head karena terjadi engine over heat.Permukaan cylinder akan melekengkung sehingga perlu dilakukan perbaikan agar menjadi rata kembali.
Blok mesin dan cylinder head atau kepala silinder di hubungkan oleh sebuah gasket atau perpak.Gasket ini berfungsi untuk melindungi silinder piston dan kebocoran oli mesin dan air radiator.Karena oli mesin dan air radiator di dalam silinder blok juga masuk ke dalam cylinder head sehingga di pisahkan gasket tadi.Agar tidak terjadi rembesan oli atau air di permukaan cylinder head maka dilapisi dengan gasket tersebut.
Gasket menurut data yang saya ketahui dari spare part ada tiga jenis berdasarkan coakan di pinggir gasket.Coakan ini menandakan bahwa gasket mempunyai ukuran ketebalan yang berbeda-beda.Hal ini di maksudakan jika kita menggunakan gasket yang lebih tebal atau lebih tipis tergantung apakah cylinder head pernah di selep atau belum.Biasanya di pinggir terdapat coakan 1 ada yang 2 dan 3,hal itu merupakan tanda ketebalan dari cylinder head gasketnya.Semakin coakan lebih banyak maka gasket tersebut semakin tebal.
Untuk kendaraan yang sudah berumur lebih dari 5 tahun biasanya pada mesinnya sudah mulai ada rembesan oli atau rembesan air radiator.Rembesan tersebut biasanya berasal dari blok mesin dan jika dianalisa maka kebocoran tersebut dari perpak atau gasket cylinder headnya.Sesekali periksa mesin kendaraan anda apakah dalam keadaan kering atau basah hitam bekas oli atau kotoran yang lainnya.
Jika memang kebocoran dari gaket cylinder head sebaiknya segera lakukan perbaikan jika tidak dan anda biarkan maka kemungkinan kerusakan kendaraan akan lebih parah.Misalkan oli rembes dan kita biarkan tanpa kita periksa maka kemungkinan jumlah oli akan berkurang dan akan habis sehingga komponen mesin akan rusak jika di bairkan.
Info Tips jika mobil mogok secara tiba-tiba dijalan
Begitu juga dengan jika air radiator bocor dan di biarkan maka temperatur mesin akan panas dan cylinder juga berpengaruh akan melengkung sehingga anda akan melakukan perbaikan lebih banyak lagi.Juga biaya yangdi keluarkan akan jauh lebih besar dari pada service ganti gasket cylinder head.
Karena Gasket juga sebagian ada yang terbuat dari karet maka lama -kelamaan gasket tersebut juga akan rusak sehingga perlu di lakukan penggantian.Penggantian gasket cylinder head hanya di lakukan jika terjadi rembesan oli atau air radiator di dalam mesin.Hal ini dapat diketahui dengan temperatur mesin naik ketika kendaraan berjalan.Jumlah air juga akan selalu berkurang karena ada rembesan di gasket cylinder headnya.
Share This :
comment 0 comments
more_vert