injector bengkelNdesia |
Pasar
mesin mobil diesel terus tumbuh dari tahun ke tahun, hal tersebut merupakan
kebutuhan sebagai daya meringankan beban kendaraan yang handal. Terutama di
negara-negara dunia ketiga dan sekunder. Semakin meningkatnya infrastruktur di
seluruh dunia, begitu juga akan kebutuhan truk untuk mempermudah kelancaran
akses angkutan pada logistik.
Bagaimana
Cara Kerja Fuel Injector
Sistem injeksi bahan bakar merupakan komponen listrik
kecil yang digunakan untuk menyuplai bahan bakar melalui semprotan langsung ke
intake manifold yang berada di depan intake valve di mesin diesel. Sistem kerja
injector solar cukup rumit, injektor memiliki filter mikron tinggi di sisi
inlet atas yang sesuai dengan ukuran lubang kecil di suntik di bagian bawah
untuk atomisasi bahan bakar diesel.
Bahan bakar diesel bertindak sebagai sumber pelumas
untuk bagian internal injektor tersebut. Sumber utama kegagalan pada injector
dengan adanya air yang terdapat dalam bahan bakar. Ketika air yang terdapat di
dalam bahan bakar bersifat menggantikan pelumas pada bagian internal, maka di
sinilah secara keseluruhan injector akan gagal bekerja lebih cepat.
Jika ada kandungan air didalam fuel maka komponen injector
akan macet karena tidak ada pelumasan oleh bahan bakar yaitu solar.Maka
diperlukan perawatan fuel filter didalam system bahan bakarnya agar terjaga
kebersihannya.
Injector merupakan komponen mesin yang sangat penting.
Katup injektor membuka dan menutup pada rpm yang bekerja sama dengan mesin
diesel. Selain air dalam bahan bakar, injector juga dapat mengalami kegagalan
sistem kerja karena terdapat karbon dan kotoran partikel yang menyumbat melalui
elemen udara yang buruk.
Jenis bahan bakar kelas dan aditif yang digunakan,
juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja injektor. ECM (Engine
Control Module) mengontrol injeksi bahan bakar di sebagian besar mesin diesel
listrik. Injector diesel terus memiliki kekuatan ketika kunci kontak
dihidupkan.
Alasannya adalah, ECM injektor tetap menyelesaikan
kinerja sirkuit dan menyebabkan nosel injektor terbuka.Setelah ECM
menerima informasi dari berbagai sensor kontrol, hal ini hanya menentukan
lamanya waktu injector perlu untuk menyuntikkan jumlah yang tepat dari bahan
bakar mengingat permintaan output tenaga kuda dari mesin.
Proses injector diesel membuka dan menutup, maka akan
mengeluarkan jumlah bahan bakar yang benar yang terjadi dalam hitungan
milidetik. Siklus kinerja Injector rata-rata mencapai 1,5-5 milidetik.Dengan waktu yang singkat begitu juga untuk tekanan injeksi yang sangat besar agar bahan bakar mudah untuk dikabutkan untuk proses pembakaran di dalam ruang bakar engine.
Ada dua jenis bahan bakar diesel injector,yang pertama
disebut injeksi throttle body di mana 1-2 injector terletak di throttle body
itu sendiri di mesin diesel dan menyediakan sejumlah meteran kabut semprotan
bahan bakar ke intake manifold.
Sistem pengiriman ini pada dasarnya sesuai dengan
kapasitas intake dan katup intake menarik bahan bakar ke dalam silinder mesin.
Sistem pengiriman kedua, dikenal sebagai individu jenis port fuel injector,
teknologi ini merupakan teknologi terbaru dan lebih hemat bahan bakar.
Aliran bahan bakar diatur oleh ECM dengan menaikkan tekanan bahan bakar di setiap injector.Dengan cara membuka dan menutup valve injector secara cepat dan presisi sehingga didapatkan jumlah fuel yang injeksikan sesuai.Jika terlalu banyak maka asap knalpot tebal dan hitam dan tentunya boros bahan bakar.
Atomisasi bahan bakar jenis ini injektor mirip dengan
jenis disc injektor. Disc dan jenis bola injector dengan desain ini bersifat
kurang rentan terhadap penyumbatan. Injector bahan bakar diesel di buat dalam
berbagai bentuk dan ukuran serta sistem kerja. Setiap toko mesin yang baik
dapat membantu Anda mengidentifikasi yang jenis bahan bakar injector yang tepat
untuk mesin diesel Anda.
Share This :
comment 0 comments
more_vert