Jumpa lagi dengan saya kali ini akan memberikan sedikit pengalaman
yang akan berguna bagi anda si pemilik kendaraan all new pajero sport.Karena
kendaraan sekarang dengan teknologi semakin berkembang dan penanganannya juga
semakin sulit karena semua komponen di kontrol secara elektronik.
Sekarang saya akan memberikan tips agar kendaraan anda tetap aman
saat battery atau aki anda tekor.Kebanyakan dari pemilik kendaraan jika aki
tekor maka sering langsung di jumper dengan kendaraan lain yang sedang hidup
mesinnya,atau juga dengan aki dari luar yang masih sehat kemudian di jumperkan.
Untuk proses jumper secara urgent tidak apa apa dilakukan karena dalam posisi keadaan yang urgent atau penting.Misalkan mogok dijalan atau tempat parkir karena akan melanjutkan perjalanan.Untuk itu teknik jumper pada mobil harus diketahui untuk kendaraan yang sudah menggunakan system electronic.
Ternyata proses jumper seperti ini adalah kurang benar meskipun
kadang proses jumper ini berhasil mesin yang aki tekor bisa hidup.Kesalahan
jumper bisa berakibat beberap sakering atau fuse akan mengalami putus.Salah
satunya adalah fuse yang seperti pada gambar di atas.Maka harus benar hati-hati
dalam menangani kasus aki tekor terutama pada kendaraan yang sudah lebih
canggih.
Permasalahan yang pernah saya temui adalah salah jumper sehingga
fuse putus.Untuk fuse putus ini pun tidak berada pada satu tempat yang
putus,ada beberapa fuse yang putus karena tidak bisa menahan beban arus yang
tinggi saat di lakukan penjumperan aki tadi.
Setelah di lakukan pemeriksaan terdapat tiga bagian fuse yang
putus.Pertama ada fuse putus di bagian pull atau terminal aki yaitu untuk fuse
160 ampere.Kedua adalah fuse yang ada di kotak bok di bagian mesin sebalah kiri
dekat dengan battery seperti pada gambar di atas.Untuk fuse yang putus yang
terakhir ada di bagian fuse box di dalam kabin sebelah kiri tepatnya ada di
bawah dashboard.Periksa semua fuse yang ada di box didalam kabin satu persatu
dan di dapatkan bahwa ada satu fuse yang putus.
Info service Fungsi komponen kopling pada kendaraan
Setelah di lakukan penggantian fuse maka kita coba hidupkan mesin
dan akhirnya mesin dapat berputar dengan normal.
Saat mesin setelah hidup di lakukan pemeriksaan terhadap trouble
diagnosanya dan terdapat trouble FR terminal problem.Hal ini menandakan
tegangan terminal dari alternator bermasalah.Akan tetapi setelah trouble di
hapus dan di lakukan pemeriksaan tegangan output pengisian dinamo amper atau
alternator di dapatkan hasil yang normal.
Kesimpulan dari trouble ini adalah jika accu atau battery
kendaraan anda tekor sebaiknya battery kita lepas dan di charging di luar
sehingga komponen electronic akan aman dari kerusakan.
Baca juga Tips cara merawat kopling pada kendaraan
Share This :
comment 0 comments
more_vert