Pentingnya Thermostat Pada Cooling System Di Kendaraan

Pentingnya Thermostat Pada Cooling System Di Kendaraan

Berbicara tentang kendaraan diesel sekarang ini seperti pada kendaraan bensin dengan system injeksi.Jadi semua dikontrol secara elektronik di engine dan system yang lainnya.Sekarang untuk diesel juga yang menggunakan teknologi common rail system dikontrol semua dengan electronic.

Sekarang yang saya bahas kali ini adalah tentang cooling system pada kendaraan.Dimana ada beberapa trouble kendaraan yang mengalami keluhan tentang temperatur engine yang pansa.Ketika jalan indikator temperatur naik keposisi hot.Yang berarti ada komponen cooling system yang tidak berfungsi dengan baik.

Selain dari radiator,kipas electronic atau komponen lain yang bermasalah maka yang saya bahas kali ini adalah tentang termostat.Apa sih itu thermostat dan bentuknya bagaimana?Mungkin dari beberapa atau bahkan banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui akan hal ini.Fungsinya untuk apa di mobil dan bagaimana jika tidak dipasang pada mobil.

Karena banyak keluhan terjadi yaitu temperatur panas maka bengkel ada juga yang melepas thermostat dikendaraan.Jadi fungsi thermostat adalah untuk mengatur suhu kendaraan terutama di engine agar selalu dalam kondisi stabil.Jadi thermostat ini adalah sebuah valve untuk membuka dan menutup saluran air agar terjaga temperaturnya.Jika temperatur engine sudah tercapai maka thermostat akan terbuka agar engine tidak terlalu panas.

Pentingnya Thermostat Di Mobil

Air akan di alirkan ke radiator untuk didinginkan agar stabil.Namun ada beberapa kendaraan yang dilepas dan tidak dipasang thermostatnya.Apakah nanti berpengaruh terhadap enginenya.Dari artikel ini akan saya bahas mengenai  thermostat.

Baca juga Masalah yang sering terjadi pada suspensi dikendaraan

Untuk kendaraan manual yaitu bukan injeksi yang dikontrol secara electronic sah-sah saja melepas thermostat dari kendaraan.Engine akan selalu menyalurkan air ke radiator tanpa adanya dibuntu oleh thermostst.jadi temperatur engine akan selalu dalam kondisi yang dingin.

Berbeda untuk kendaraan dengan system injeksi dikontrol secara electronic.Baik itu engine diesel common rail atau engine gasoline injeksi.Karena semua dikontrol secara electronic maka suhu atau temperatur engine harus stabil di kondisi yang pas.Misal kondisi engine 90 derajat maka harus selalu terjaga suhu 90 derajat.Tidak boleh berubah-ubah karena bisa menyebabkan sensor ngacau untuk laporan ke control unit ( ECU ).

Ketika dilepas untuk mobil injeksi akan terasa bahan bakar boros.Dikarenakan temperatur sensor akan mendeteksi bahwa suhu engine dingin dan perlu untuk ditambah bahan bakar untuk pemanasan.JAdi menurut saya adalah alangkah baiknya jika thermostat engine tidak dilepas untuk kendaraan diesel common rail system dan engine gasoline type injeksi.

Info teknik Cara pengoperasian padle shift pada mitsubishi pajero sport I TRIPTONIC
Share This :