Kali ini bisa bengkel membagikan
pengalaman tentang kendaraan mitsubishi colt t 120 ss yang mengalami masalah di
system pelumasan engine.Waktu itu kendaraan datang ke bengkel karena engine
mengalami masalah tentang konsumsi oli yang boros.
Dimana pemakaian oli mesin sering
berkurang dan perlu ditambah setiap minggu.Ketika kendaraan di isi oli sesuai
jumlahnya dan kendaraan dibuat untuk jalan beberapa hari.Dan setelah satu
minggu jumlah oli mesin diperiksa ternyata berkurang banyak.
Maka kendaraan diperlukan engine
over houle dan diganti part yang mengalami kerusakan.Ada bagian part seperti
piston,ring piston dan bearing conecting rod,bearing crank shaft.Setelah semua
di perbaiki dan proses pemasangan di kendaraan maka engine siap untuk distart.Periksa
terlebih dahulu semua komponen yang dipasang agar tidak terjadi remebsan
oli,air radiator atau yang lainnya.
Kendaraan sudah hidup namun pada
control oli mesin tidak mau mati.Hal ini menandakan tekanan oli berkurang
sehingga oli tidak bisa naik ke atas bagian cylinder head yaitu di system
valvenya.Kemudian dilakukan pemeriksaan di filter oli dan masih kering tidak ada
oli dari carter yang masuk kedalam oil filter.
Pada mitsubishi colt t 120 ss type
injeksi terutama engine 1500 cc untuk penggantian pompa oli tidak bisa hanya
gearnya saja.Harus satu set dengan front case sehingga pembelian secara
assy.Berbeda untuk mitsubishi colt t 120 ss type carburator 1300cc bisa dibeli
hanya gear pompa olinya.
Agar tidak terjadi keausan pada
komponen part di engine maka selalu lakukan pemeriksaan secara berkala baik itu
ganti oli mesin atau service mesin.Karena dengan perawatan yang baik maka
kendaraan akan selalu dalam keadaan yang sehat dan siap untuk digunakan
sehari-hari.Untuk oli mesin diganti secara berkala setiap 10.000 km bersama
dengan oil filternya.
Share This :
comment 0 comments
more_vert