Fungsi tombol pengunci di Xpander apakah harus ditekan terus saat pindah gigi?

Fungsi tombol pengunci di Xpander apakah harus ditekan terus saat pindah gigi?

Kendaraan mitsubishi xpander ada dua type untuk transmisinya yaitu bertransmisi otomatis dan transmisi manual.Sebagai referensi anda mau beli type yang apa karena pemilihan akan membuat anda nyaman untuk mengendarianya.

Transmisi otomatis banyak dicari oleh peminat kendaraan seakrang ini.Karena lebih nyaman dan juga lebih mantap dari kenyamanan terutama saat jala macet.Baik di jalan yang rata atau menanjak masih nyama.Karena jika untuk transmisi type manual jika terjadi macet dijalan menanjak maka kaki akan cepat lelah.Bahkan kopling bisa cepat aus dan rusak karena salah pengoperasian.

Menggunakan transmisi otomatis sangat mudah sekali bahkan orang yang belum bisa naik mobil jika mengendarai mobil matic maka akan mudah cepat untuk bisa.menjalankan mobil matic.Mungin setelah belaajr satu minggu maka akan langsung bisa dan lancar dalam mengemudinya.

Di handle transmisi otomatis itu ada sebuah lock atau pengunci agar handle tersebut tidak bisa bergeser dengan sendirinya.Misalkan tidak sengaja tersenggol tangan sehingga akan pindah gigi transmisinya.Dilengkapi sebuah pengunci agar lebih aman dalam mengendarai mobil.Misal didalam mobil ada anak dan sedang main tersenggol dari kendaraan maju dan handle tersenggole ke posisi mundur maka akan berakibat kerusakan pada transmisinya.

Untuk dipasanglah sebuah pengunci yang ada di handle transmisi matic.Untuk pengunci ini dipasangkan hanya dibeberapa mode pilihan yaitu dari posisi P ke R dan sebaliknnya juga dari posisi N ke R ada sebuah locknya.Jadi saat pindah transmisi dari N ke D juga P ke R dan sebaliknya perlu untuk menekan tombol pengunci agar handle transmisi bisa bergeser.

Jika tidak di tekan maka tramsisi tidak bisa pindah sesuai dengan keinginan dari driver.Maka fungsi inilah yang harus kita ketahui agar saat menggunakan transmisi otomatis tidak salah.Jika untuk posisi D ke 2 atau L tidak perlu menekan tombol pengunci tersebut dikarenakan posisi tersebut masih dalam kendaraan berjalan maju.Namun jika dipaksa dari D ke 2 maka akan terjadi engine brake.Misal pada saat jalan kecepatan 60km/jam gigi 4 maka setelah masuk posisi handle di 2 selanjutnya gigi transmisi masuk gigi 2 dan disitulah akan terjadi engine brake.

Info teknik Throtle controler penambah tenaga pada mitsubishi pajero sport

Dikarenakan meskipun tombol pengunci tidak ditekan maka saat kita gerakan handle dari posisi D ke 2 atau L maka handle masih bisa bergeser keposisi tersebut.Jadi jika kita sering menekan tombol lock di gandle transmisinya sebenarnya tidak masalah sebagai jaga-jaga dan antisipasi.

tips usir tikus dalam kabin

Mungkin karena sudah terbiasa maka menekan lock handle adalah suatu keharusan.Dan anda mungkin lebih tahu jika mempraktekanya sendiri di kendaraan.Posisi mana saja yang ada locknya dan posisi ke mana dihandle transmisi yang tidak ada locknya.

Baca juga cara mudah memperbaiki rpm naik turun pada kendaraan colt t 120 ss
Share This :