Inilah Penyebab REM CAKRAM Belakang Mobil PANAS

Inilah Penyebab REM CAKRAM Belakang Mobil PANAS

Dalam pembahasan kali ini seputar trouble rem yang ada di kendaraan.Dimana ada mobil datang ke bengkel untuk melakukan service rem dengan keluhan adanya salah satu roda terasa panas.Jadi setelah kendaraan berjalan agak jauh kemudian berhenti di cek salah satu roda terasa panas.

Langsung saja semua roda diangkat dan dikasih jackstand.Kemudian di periksan putaran roda apakah ada yang putaranya kurang lancar atau lancar semua.Ternyata salah satu roda belakang mengalami putaran yang agak terhambat.

Kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap rem tersebut.Kondisi kampas remnya dan juga di over houle untuk pemeriksaan piston rem.Ternyata untuk piston rem mengalami karat dan aus.Inilah penyebab rem agak macet sehingga pergerakan piston terhambat.

Rem menjadi tidak normal dan panas,terlihat adanya keausan kampas rem yang tidak merata antara kampas rem roda akan dan kiri bagian belakang.Untuk rem ini type cakram terutama bagian belakang.


Kerusakan piston yang berkarat dna aus disebabkan oleh adanya kotoran debu dan air yang masuk ke sela-sela piston.Boot karet penutup yang sobek menyebabkan air masuk dan mengendap di dalamnya.Dalam waktu yang lama sehingga membuat korosi dan akhirnya piston aus.


Apabila sudah terjadi demikian wajib untuk psiton diganti dengan dengan yang baru.Bagian yang rusak saja mislakan yang rusak kanan maka yang diganti cukup kanan,apabila yang kiri masih dalam keadaan bagus.Jangan lupa sealnya juga diganti set agar pergerakan piston dapat kembali normal dan pengereman juga baik.

Share This :