Ketika kita berbicara masalah tentang engine banyak sekali tentunya trouble pada kendaraan yang mobilnya sudah berumur puluhan tahun.Misalkan mobil sudah 20 tahun yang lalu saja masih beroperasi dan kadang masih dalam kondisi yang istimewa untuk bodynya karena terus di repair.
Kadang ada juga mobil yang berumur dibawah 5 tahun sudah mengalami permasalahan di engine.Dalm info yang akan saya tulis kali ini adalah tentang penyebab engine berasap putih ketika engine digas atau diakselerasi.
Dari sini asap putih tercipta oleh pembakaran didalam ruang bakar dibumbui dengan oli mesin.Jadi oli mesin masuk ke ruang bakar ikut dalam pembakaran sehingga asap knalpot berubah menjadi putih.Jika oli yang masuk hanya sedikit maka asap putihnya ikut gas buang juga sedikit dan kebaliknya.
Penyebab oli bisa masuk ke dalam ruang bakar yaitu salah satunya adalah dari posisi atas engine.Kalau dari atas yaitu sekitar valve mekanisme.Posisi valve atau klep yang bergerak naik turun itu ada sebuah seal klep namanya yang brfungsi agar oli tidak bisa turun masuk keruang bakar.
Apabila seal sudah berubah fungsi dalam hal ini sudah rusak maka oli bisa turun masuk ke ruang bakar melalui seal tersebut.NAntinya oli tersebut bisa masuk melalui seal dari klep intake atau seal dari klep exhaust.
Info service Cara memperbaiki RPM naik turun pada kendaraan
Hal itu dapat diketahui ketika kendaraan sudah dilakukan pembongkaran.Dimana ada bagian ang basah oleh oli di bagian valvenya sehingga disitulah terjadi remebssan oli yang masuk ke dalam ruang bakar.Apabila sudah demikian maka segera perbaiki untuk ganti seal klepnya dan sekalian dilakukan skur pada valve.
Sehingga dudukan valeve terhadap rumahnya dapat rapat kembali dan kompresi juga menjadi bagus dan tinggi tekananya.APabila mobil anda mengalami hal yang sama segera periksakan mobil anda karena jika dibiarkan oli mesin mobil anda tidak terkontrol dan tiba-tiba habis karena ikut terbakar maka engine akan rusak karena tidak ada pelumasan.
Share This :
comment 0 comments
more_vert