Banyak sekarang ini mobil menggunakan transmisi matic.Dimana karena sangat nyaman juga sekarang untuk mobil matic sudah termasuk irit dalam konsumsi bahan bakarnya.Kadang orang yang sudah sering menggunakan mobil matic untuk pindah ke manual itu tidak mau karena merasa tidak mudah lelah dalam berkendara terutama dijalan macet.
Maka dengan adanya transmisi matic anda harus tahu cara bagaimana mengetahui ciri-ciri oli matic yang sudah rusak dan waktunya ganti.Maka artikel ini saya buat agar anda pemilik mobil matic bisa tahu bahwa oli maticnya sudah waktunya ganti.
Setelah
anda mengetahui cara memeriksa ATF dengan prosedure yang benar maka anda
periksa kembali warna dari oli matic itu sendiri.Oli matic akan berubah warna
jika terjadi kerusakan atau abnormal kondidi pada transmisi matic.
Penyebab
kerusakan oli transmisi otomatis bisa di sebabkan karena mesin yang
overhead.Over head sendiri di sebabkan karena mesin yang kehabisan air
pendingin atau penyebab yang lainnya.Jika mesin overhead maka oli matic perlu
segera di ganti karena oli matic sudah berubah warna dan juga berubah
fungsinya.
Penyebab
yang lain yaitu slipnya kopling hidrolik di dalam transmisi otomatis sehingga
sisa dari komponen yang slip tadi akan merubah warna dari oli matic.Terakhir
jika oli matic rusak di sebabkan karena oli matic yang lama tidak pernah di
lakukan penggantian.Oli matic seharusnya di ganti secara berkala.
Info service Inilah salah satu penyebab air raditor habis yang mengakibatkan engine over heat
Pemeriksaan
oli matic jika sudah berubah warna anda harus mengetahui apa yang terjadi pada
transmisi otomatis kendaraan anda.Untuk itu setelah memeriksa jumlah oli matic
maka juga perlu di ketahui warna oli matic itu sendiri.Jika warna oli matic
sebagai berikut maka;
1.Merah Transparan
menandakan oli matic anda dalam kondisi normal
2.Kehitaman berarti
terkontaminasi oleh serbuk clutch dan bushing
3.Putih kemerahan
artinya oli matic anda tercampur dengan air pendingin mesin,ini berarti ada
kebocoran di oli matic bagian pendingin oli matic atau pada oil coolernya.Untuk
oli matic di dinginkan dengan bantuan air pendingin sehingga ada jalur oli
matic yang masuk ke dalam sistem air pendingin mesin yaitu di dalam radiator.
4.Coklat artinya
oli ATF terkena panasyang tinggi dan apabila di cium seperti bau terbakar.
5.Seperti Pernis
atau Plitur menandakan oli ATF terkena over head
Warna ATF dapat di ketahui bahwa kemungkinan kerusakan atau keausan pada clutch plate atau bushing pada transmisi otomatis.Sudahkan anda memeriksa warna dari oli matic kendaraan anda apakah seperti salah satu dari apa yang saya utarakan di atas.
Baca juga Perlukah timing belt diganti secara berkala dan akibat jika putus
comment 0 comments
more_vert