Penyebab Suara Kasar Saat Engine Di Akselerasi Pada Mitsubishi Mirage

Penyebab Suara Kasar Saat Engine Di Akselerasi Pada Mitsubishi Mirage

Trouble kali ini saya akan membahas tentang suara abnormal pada kendaraan mitsubishi mirage.Waktu itu customer menelpon saya bahwa kendaraan mengalami suara aneh dan mesin kasar saat dikendarai.Begitu juga saat kendaraan diam dan dilakukan akselerasi dipedal gasnya suara abnormal tersebut muncul.

Kendaraan padahal baru beberapa hari melakukan service rutin dibengkel saya.Sehingga pelayanan tetap kami jaga untuk claim customer kami.Setelah customer untuk saya arahkan datang ke bengkel lagi dengan informasi masih dalam waranty maka saat itu juga cuctomer datang ke bengkel untuk perbaikan karena rumahnya yang dekat dengan lokasi bengkel.

Setelah kendaraan datang maka langsung kami lakukan pemeriksaan terhadap mobil mitsubishi mirage tersebut.Saat dilakukan akselerasi dengan kendaraan diam ternyata timbul suara kasar pada kendaraan.Suara tersebut tidak dibagian engine namun timbul dari bawah kendaraan.Langsung kami menganalisa suara tersebut dari bagian knalpot.

Info service Penyebab check engine mitsubishi all new pajero sport menyala

Terutama pada bagian mufflernya yang suaranya sangat keras terdengar.Dilakukan pelepasan pada knalpot kendaraan mirage.Ternyata ada bagian muffler yang sudah keropos dibagian luarnya.Mungkin karena efek dari besi yang terkena air dan panas yang akhirnya terjadi korosi.

Knalpot diangkat dan digoyangkan terdengat suara abnormal dari dalam mufflernya.Semakin goncangan digerakan lebih cepat suara tersebut semakin keras.Analisa dari saya adalah didalam knalpot ada bagian muffler yang keropos juga dan lepas,ketika ada aliran gas buang dari engine melalui exhaust manifold maka ada dorongan terhadap bagian yang lepas tersebut.Sehingga timbul suara abnormal pada kendaraan saat engine hidup.

Ketika engine diakselerasi maka aliran gas buang akan lebih cepat dan kencang sehingga dorongan terhadap material yang keropos didalam knalpot akan semakin kuat akhirnya timbul suara yang lebih keras pada knalpot mitsubishi mirage.

Untuk memperbaikinya yaitu dengan mengganti knalpot secara utuh atau assy pada kendaraan mitsubishi mirage.Bisa pesan didealer resmi untuk genuine partnya.Atau jika urgent bisa diganti hanya pada bagian mufflernya saja atau bagian gendongannya.Bisa dibelikan dikhusus tukang knalpot.

Nantinya muffler tersebut akan dipotong dan disambung dengan muffler yang baru yang tidak keropos.Dengan menggunakan las dan diposisikan sesuai dengan dudukanya agar lebih rapi.Karena muffler pada kendaraan mitsubishi mirage lebih kecil maka harus sesuai.Karena jika terlalu besar tidak akan bisa masuk dudukanya dibawah kendaraan.

Setelah diganti suara abnormal tersebut sudah hilang dan saat akselerasi tidak lagi muncul suara kasar.Ternyata untuk knalpot juga perlu perawatan terutama setelah terkena air hujan atau air asam misal melewati jalan rob sebaiknya langsung di bilas dengan air bersih.Agar tidak terjadi korosi di knalpot yang bisa menyebabkan knalpot rusak dan bisa menyebabkan suara abnormal pada kendaraan.

Baca juga EGR motor bermasalah pada mitsubishi pajero sport bisa mengakibatkan ini
Share This :