Kendaraan gasoline yang menggunakan system injeksi pasti
menggunakan yang namanya fuel pump.Dimana kendaraan injeksi salah satu syarat
untuk agar kendaraan dapat hidup adalah dengan tekanan bahan bakar yang cukup
dari injector.Dan salah satunya adalah dengan tekanan bahan bakar yang didorong
oleh fuel pump atau pompa bahan bakar.
Disini saya akan memberikan informasi tentang trouble pada
kendaraan customer.Waktu itu ada customer datang ke bengkel dengan mengeluhkan
kendaraanya mbrebet dalam kondisi tertentu.Yaitu saat kendaraan berjalan jauh
dan kondisi mesin sudah panas.Engine disini tidak langsung mati namun tiba-tiba
kendaraan tidak bisa digas atau diakselerasi.Engine hunting dan brebet seketika
namun setelah kendaraan berhenti dan di diamkan beberapa menit engine normal
kembali.
Kunci kontak off dan beberapa menit engine dinyalakan dan
ternyata normal kembali.Stasioner normal kembali dan tidak terjadi engine
mbrebet.Setelah itu kendaraan dibuat jalan lagi dan dengan jarak yang cukup
jauh tidak timbul trouble seperti yang saya ceritakan diatas.Hal ini yang
membuat kesulitan dalam menganalisa suatu masalah atau trouble shooting
dikendaraan.Karena trouble yang kadang-kadang terjadi.
Namun karena pengalaman dan jam terbang yang lama saya membuat
analisa yang menuju ke trouble tersebut.Sering kali menemukan kasus yang sama
pada kendaraan.Yaitu engine mbrebet namun dengan cara perbaikan yang
berbeda.Trouble sama akan tetapi masalah dan cara perbaikanya yang berbeda.
Dari sini langsung dilakukan analisa kendaraan dari system
pengapian.Kabel busi di periksa tahananya dengan menggunakan sebuah ohm
meter.Ada yang putus atau tidak dari hubungan kabel busi tersebut.Jika tahanan
normal maka langsung cari penyebab yang lainnya.
Periksa busi kendaraan apakah ujung electrodanya masih bagus atau
sudah aus.Jika sudah aus maka sebaiknya lakukan penggantian,dengan cara dicek
kondisi busi secara visual apakah sudah berubah warna coklat kehitaman.Apabila
sudah seperti itu maka busi sudah over heat dan perlu dilakukan penggantian.Biasanya
ditandai dengan berubah warna pada keamiknya yaitu berubah warna kecoklatan.
Filter bensin juga perlu diperiksa apakah sudah kotor atau
tidak.Lebih baik sekalian dibersihkan agar saluran bahan bakar kembali lancar
sehingga tekanan bahan bakar tidak terganggu.Untuk filter bensin kebanyakan
tidak diganti untuk filternya khusus filter bensin.Cukup dibersihkan saja
secara berkali-kali sampai bersih.Menggunakan bensin juga untuk membersihkanya
sehingga akan kembali seperti baru kembali.Filter bensin ada yang ada diluar
dan ada yang di dalam tangka sehingga perlu membua tangka untuk mebersihkanya.
Terakhir adalah untuk pompa bahan bakarnya yang rusak.Memang tidak
bisa diprediksi pompa bensin yang rusak jika troubelnya seperti di atas yang
timbulnya kadang-kadang.Berbeda jika trouble engine mati dan bahan bakar tidak
mengalir maka perlu diperiksa dari pompa bahan bakarnya.Jika pompa bahan bakar
tidak bekerja maka dipastikan pompa bahan bakar tersebut mati dan perlu harus
diganti.
Untuk yang trouble kadang-kadang tersebut dan kondisi panas maka
penyebabnya kebanyakan adalah dari pompa bahan bakar.Jika dalam keadaan dingin
maka fuel pump dapat bekerja dengan baik dengan takanan bahan bakar yang tinggi.Jika
kondisi pompa bahan bakar menyala terus menerus maka timbul panas pada pompa
bensin.Ketika kendaraan berjalan dengan jarak tempuh yang panjang maka kerja
dari fuel pump juga lama dan panas.
Akhirnya pompa panas dan kerja dari fuel pump juga terganggu.Tekanan
bahan bakar tidak kembali normal sehingga atau bahkan turun secara drastis
sehingga akan mempengaruhi kerja engine.Engine menjadi mbrebet dan hunting
begitu juga tidak bisa di akselerasi saat kendaraan jalan.
Dengan didiamkan beberapa saat maka pompa kembali dingin dan
bekerja dengan normal.Untuk itu trouble engine mbrebet yang kondisi engine
panas dengan rentan jarak tertentu maka perbaikanya adalah ganti fuel pump atau
pompa bahan bakarnya.Dengan ganti komponen ini trouble dikendaraan tidak
terjadi lagi dan engine sudah normal kembali.
Share This :
comment 0 comments
more_vert