Solusi Membersihkan Kerak Didalam Engine Sekali Bilas I Engine Flush

Solusi Membersihkan Kerak Didalam Engine Sekali Bilas I Engine Flush


Kendaraan agar tetap prima dan komponen awet digunakan oli sebagai pelumasan.Hal ini dikarenakan oli adalah hal sangat penting untuk kendaraan.Pemilihan jenis oli yang tepat membuat kondisi engine akan menjadi awet dan selalu bebas dari kerak karbon.

Untuk mesin diesel dan mesin bensin berbeda dikarenakan penggunaan bahan bakarnya.Untuk jenis diesel ini sering terjadi oli yang cepat kotor sekali.Ketika oli mesin baru dimasukan didalam engine setelah 2 menit engine menyala maka oli pasti akan berubah menjadi hitam pekat.

Hal ini dikarenakan karena mesin diesel membuat oli menjadi hitam karena efek dari sulfur pada proses pembakaran di mesin.Hal itu wajar karena memang engine diesel menggunakan bahan bakar solar yang ada campuran sulfur didalamnya.Karena saat kendaraan oli mesin diganti tidak semua kotoran jelaga dan karbon tidak semuanya ikut keluar.

Terkadang untuk pengetapan oli mesin dilakukan dengan bantuan tiupan angina dari kompresor sehingga oli akan turun dengan deras dari dalam mesin.Namun cara ini tidak perlu dilakukan karena akan mengakibatkan kandungan air yang ada didalam kompresor akan masuk ke dalam mesin.

Mungkin dari mesin baru sampai bertahun-tahun hanya service berkala dan penggantian oli mesin dengan teratur.Hal itu tidak berpengaruh terhadap kotoran carbon didalam mesin.Untuk itu agar carbon bisa ikut larut dan menjadi satu dengan oli yang kotor dan berada di carter atau tmpungan oli maka diperlukan yang namanya engine flush.

Enging flush ini berfungsi untuk membersihkan kerak didalam ruang engine.Berupa cairan yang akan menjadi satu dengan oli mesin sehingga saat engine menyala akan bersirkulasi sambil melarutkan kotoran yang menempel di dinding cylinder.Untuk itu lebih baik digunakan saat engine sudah panas kemudian dilakukan engine flush.

Caranya yaitu dengan masukan engine flush ke dalam ruang mesin melalui lubang pengisian oli.Kemudian nyalakan mesin dan biarkan idle beberapa saat,kemudian sambil digas dan ditahan di rpm 2000 beberapa menit.Kurang lebih 2 menit kemudian biarkan idle kembali.




Untuk lebih lama missal sampai 5 menit juga lebih bagus sehingg kotoran kerak akan benar-benar larut dan akan membuat engine akan bersih kembali seperti baru.Kotoran akan tergerus semua oleh cairan engine flush tersebut.

Kemudian matikan mesin dan oli siap untuk di kuras atau di tap.Lihat bedanya oli bekas yang sudah di flush dengan oli bekas yang tanpa flush.Hal ini akan beda karena cairan pembersih tadi sebagai flush untuk menghilangkan kotoran dan kerak didalam cylinder.

Jadi penggunaan ini sangat mudah dan bisa dapatkan dibeberapa toko spare part langganan anda.Untuk produk asli dari mitsubishi juga sudah dikeluarkan berupa engine flush genuine part mitsubishi.Untuk merk lain juga sudah banyak dijual ditoko online dan bisa langsung anda order.


Penggantian ini dilakukan setiap ganti oli mesin dan filter oli.Jika hanya ganti oli mesin saja tidak perlu digunakan flush.Jadi untuk engine flush diperlukan sekali setiap ganti oli mesin plus filternya agar engine selalu dalam keadaan bersih dan bebas carbon.Sehingga pelumasan engine akan lebih maksimal dan mengurangi resiko keausan komponen part di kendaraan.
Share This :