Kendaraan agar tetap prima dan komponen awet digunakan oli sebagai
pelumasan.Hal ini dikarenakan oli adalah hal sangat penting untuk
kendaraan.Pemilihan jenis oli yang tepat membuat kondisi engine akan menjadi
awet dan selalu bebas dari kerak karbon.
Untuk mesin diesel dan mesin bensin berbeda dikarenakan penggunaan
bahan bakarnya.Untuk jenis diesel ini sering terjadi oli yang cepat kotor
sekali.Ketika oli mesin baru dimasukan didalam engine setelah 2 menit engine
menyala maka oli pasti akan berubah menjadi hitam pekat.
Hal ini dikarenakan karena mesin diesel membuat oli menjadi hitam
karena efek dari sulfur pada proses pembakaran di mesin.Hal itu wajar karena
memang engine diesel menggunakan bahan bakar solar yang ada campuran sulfur
didalamnya.Karena saat kendaraan oli mesin diganti tidak semua kotoran jelaga
dan karbon tidak semuanya ikut keluar.
Terkadang untuk pengetapan oli mesin dilakukan dengan bantuan
tiupan angina dari kompresor sehingga oli akan turun dengan deras dari dalam
mesin.Namun cara ini tidak perlu dilakukan karena akan mengakibatkan kandungan
air yang ada didalam kompresor akan masuk ke dalam mesin.
Mungkin dari mesin baru sampai bertahun-tahun hanya service
berkala dan penggantian oli mesin dengan teratur.Hal itu tidak berpengaruh
terhadap kotoran carbon didalam mesin.Untuk itu agar carbon bisa ikut larut dan
menjadi satu dengan oli yang kotor dan berada di carter atau tmpungan oli maka
diperlukan yang namanya engine flush.
Enging flush ini berfungsi untuk membersihkan kerak didalam ruang
engine.Berupa cairan yang akan menjadi satu dengan oli mesin sehingga saat
engine menyala akan bersirkulasi sambil melarutkan kotoran yang menempel di
dinding cylinder.Untuk itu lebih baik digunakan saat engine sudah panas
kemudian dilakukan engine flush.
Caranya yaitu dengan masukan engine flush ke dalam ruang mesin
melalui lubang pengisian oli.Kemudian nyalakan mesin dan biarkan idle beberapa
saat,kemudian sambil digas dan ditahan di rpm 2000 beberapa menit.Kurang lebih
2 menit kemudian biarkan idle kembali.
Untuk lebih lama missal sampai 5 menit juga lebih bagus sehingg
kotoran kerak akan benar-benar larut dan akan membuat engine akan bersih
kembali seperti baru.Kotoran akan tergerus semua oleh cairan engine flush
tersebut.
Kemudian matikan mesin dan oli siap untuk di kuras atau di
tap.Lihat bedanya oli bekas yang sudah di flush dengan oli bekas yang tanpa
flush.Hal ini akan beda karena cairan pembersih tadi sebagai flush untuk
menghilangkan kotoran dan kerak didalam cylinder.
Jadi penggunaan ini sangat mudah dan bisa dapatkan dibeberapa toko
spare part langganan anda.Untuk produk asli dari mitsubishi juga sudah
dikeluarkan berupa engine flush genuine part mitsubishi.Untuk merk lain juga
sudah banyak dijual ditoko online dan bisa langsung anda order.
Penggantian ini dilakukan setiap ganti oli mesin dan filter
oli.Jika hanya ganti oli mesin saja tidak perlu digunakan flush.Jadi untuk
engine flush diperlukan sekali setiap ganti oli mesin plus filternya agar
engine selalu dalam keadaan bersih dan bebas carbon.Sehingga pelumasan engine
akan lebih maksimal dan mengurangi resiko keausan komponen part di kendaraan.
Share This :
comment 0 comments
more_vert