Penyebab Air Cooling Di Engine Mitsubishi Canter Berkurang

Penyebab Air Cooling Di Engine Mitsubishi Canter Berkurang


Permasalahan ini sering terjadi pada kendaraan mitsubishi canter.Yaitu ada rembesan air di bagian antara cylinder block dengan cylinder head.Baik itu ada dibagian sebelah kiri engine yaitu sekitar injecion pump.Biasanya jika terjadi remebsan aka nada sisa bekas air coolant yang menempel di cylinder head.

Jika air ini selalu berkurang jumlahnya maka bisa menyebabkan engine panas.Karena kekurangan jumlah air pendingin sehingga temperatur engine akan naik dan bisa menyebabkan engine over heat.Maka selalu memeriksa jumlah air didalam radiator adalah sangat penting karena tanpa air maka coolinf system tidak akan bekerja.

Saat kendaraan datang dan mengeluhkan trouble tersebut maka hal yang paling sering dicurigai adalah perpak atau gasket cylinder head yang retak atau rusak.Maka cylinder head dilakukan over houle dan penggantian cylinder head gasket.Periksa terlebih dahulu apakah cylinder gead gasket yang sudah dilepas memang dalam keadaan rusak atau dari penyebab yang lainnya.

Setelah kendaraan selesai perbaikan maka pulang untuk digunakan seperti biasanya sehari-hari untuk bekerja.Setelah beberapa minggu dari customer komplain bahwa ada rembesan air lagi ditempat yang sama.Kemudian kendaraan datang kebengkel untuk perbaikan ulang.Di bengkel selalu ada garansi untuk service yaitu sekitar 500 km atau satu minggu berjalan setelah kendaraan selesai service.

Kami memeriksan kekencangan baut cylinder head dan sesuai dengan torque standartnya.Kemungkinan salah pemasangan gasket cylinder head sangat kecil sehingga pembongkaran tidak dilakukan kembali.Hal ini bisa terjadi dari penyebab yang lainnya.




Pemeriksaan terhadap cooling system dilakukan apakah ada saluran yang tersumbat.Untuk itu pada bagian rumah termostat dilakukan pemeriksaan.Dan ternyata pada termostat mengalami masalah tidak dapat membuka penuh.Sehingga aliran air dalam engine tekanan sangat besar karena sirkulasi kurang lancar.

Termostat dibuka dan tidak dipasang kembali kemudian tutup atau rumah termostat dipasang Seperti semula.Kemudian engine di test drive dan temperatur sangat dingin karena termostat tidak terpasang.Customer pulang dan setelah beberapa minggu dilakukan follow up kendaraan tidak mengalami masalah.Tidak terjadi rembesan air di cylinder head.


Dari pengalaman ini saya buat di artikel semoga dapat membantu penanganan trouble pada kendaraan mitsubishi colt diesel canter.Dengan dilepasnya termostat maka aliran air dalam engine akan selalu megalir karena tidak dibatasi katup pembukaan termostat.Sebenarnya untuk engine manual diesel untuk thermostat dilepas tidak mengalami masalah yang serius.Berbeda jika engine diesel common rail harus dipasng untuk thermostatnya untuk menjaga temepratur engine agar stabil sesuai dengan posisi temperature sensor.
Share This :