Permasalahan ini sering terjadi pada kendaraan mitsubishi
canter.Yaitu ada rembesan air di bagian antara cylinder block dengan cylinder
head.Baik itu ada dibagian sebelah kiri engine yaitu sekitar injecion pump.Biasanya
jika terjadi remebsan aka nada sisa bekas air coolant yang menempel di cylinder
head.
Jika air ini selalu berkurang jumlahnya maka bisa menyebabkan
engine panas.Karena kekurangan jumlah air pendingin sehingga temperatur engine
akan naik dan bisa menyebabkan engine over heat.Maka selalu memeriksa jumlah
air didalam radiator adalah sangat penting karena tanpa air maka coolinf system
tidak akan bekerja.
Saat kendaraan datang dan mengeluhkan trouble tersebut maka hal
yang paling sering dicurigai adalah perpak atau gasket cylinder head yang retak
atau rusak.Maka cylinder head dilakukan over houle dan penggantian cylinder
head gasket.Periksa terlebih dahulu apakah cylinder gead gasket yang sudah
dilepas memang dalam keadaan rusak atau dari penyebab yang lainnya.
Setelah kendaraan selesai perbaikan maka pulang untuk digunakan
seperti biasanya sehari-hari untuk bekerja.Setelah beberapa minggu dari
customer komplain bahwa ada rembesan air lagi ditempat yang sama.Kemudian
kendaraan datang kebengkel untuk perbaikan ulang.Di bengkel selalu ada garansi
untuk service yaitu sekitar 500 km atau satu minggu berjalan setelah kendaraan
selesai service.
Kami memeriksan kekencangan baut cylinder head dan sesuai dengan
torque standartnya.Kemungkinan salah pemasangan gasket cylinder head sangat
kecil sehingga pembongkaran tidak dilakukan kembali.Hal ini bisa terjadi dari
penyebab yang lainnya.
Pemeriksaan terhadap cooling system dilakukan apakah ada saluran
yang tersumbat.Untuk itu pada bagian rumah termostat dilakukan pemeriksaan.Dan
ternyata pada termostat mengalami masalah tidak dapat membuka penuh.Sehingga
aliran air dalam engine tekanan sangat besar karena sirkulasi kurang lancar.
Termostat dibuka dan tidak dipasang kembali kemudian tutup atau
rumah termostat dipasang Seperti semula.Kemudian engine di test drive dan
temperatur sangat dingin karena termostat tidak terpasang.Customer pulang dan
setelah beberapa minggu dilakukan follow up kendaraan tidak mengalami
masalah.Tidak terjadi rembesan air di cylinder head.
Dari pengalaman ini saya buat di artikel semoga dapat membantu
penanganan trouble pada kendaraan mitsubishi colt diesel canter.Dengan
dilepasnya termostat maka aliran air dalam engine akan selalu megalir karena
tidak dibatasi katup pembukaan termostat.Sebenarnya untuk engine manual diesel
untuk thermostat dilepas tidak mengalami masalah yang serius.Berbeda jika
engine diesel common rail harus dipasng untuk thermostatnya untuk menjaga
temepratur engine agar stabil sesuai dengan posisi temperature sensor.
Share This :
comment 0 comments
more_vert