Fungsi EGR ( Exhaust Gas Recirculation ) Diesel Engine Pada Mitsubishi Triton

Fungsi EGR ( Exhaust Gas Recirculation ) Diesel Engine Pada Mitsubishi Triton

Kendaraan dari mitsubishi kali ini yang akan saya bahas adalah mitsubishi triton.Dari generasi pertama yang masih mitsubishi strada dan sekarang berubah menjadi strada triton.Kendaraan ini adalah diesel yang menggunakan turbo.

Untuk type yang terdahulu masih konvensional belum menggunakan turbo dan sekarang sudah menggunakan turbo.Ada yang type diesel engine common rail system dan yang saya bahas adalah diesel engine type semi konvensional.

Mengapa disebut type semi konvensional karena beberapa komponen sudah menggunakan sebuah sensor.Untuk injection pump sudah dikontrol secara electronic.Meskipun masih terlihat seperti injection pump biasa namun ada tambahan semi electricnya.

Untuk engine masih menggunakan type 4D56 dimana kendaraan tersebut dipakai untuk engine mitsubishi L300,Kuda dan type yang lainnya.Dan sekarang yang terbaru dari generasi ke generasi selalu diperbaiki di sisi engineya.

Untuk mitsubishi triton sudah dilengkapi dengan sebuah exhaust gas recirculation system ( EGR ).Dimana fungsi egr adalah untuk memasukan sisa gas buang dari sisa hasil pembakaran engine.Gas tersebut keluar melalui exhaust manifold dan sebagian akan mengalir ke ruang bakar melalui katup egr ini.

Katup egr di fungsikan oleh sebuah kevakuman dari engine dengan sebuah solenoid.Dimana solenoid akan bekerja atas perintah control unit dengan masukan dari beberapa sensor.Sensor ini antara lain coolant temperatur sensor,crank angle sensor dan boost sensor.

Baca juga Salah satu penyebab transmisi susah masuk gigi

Jadi sisa hasil pembakaran tidak langsung masuk keruang bakar akan tetapi di kontrol sebuah kevakuman oleh dolenoid untuk bekerja.Gas buang tersebut akan dibakar kembali sehingga gas buang nantinya akan benar-benar bersih untuk lingkungan yang sehat.

Fungsi EGR diesel engine

Namun untuk beberpa kendaraan terjadi masalah dilapangan ketika ada sebuah egr ini.Dilapangan tenaga engine berkurang terutama saat akselerasi dan tanjakan.Hal itu harus diketahui dan saling bertentangan.Untuk dari sisi pabrik berinovasi untuk pembakaran yang lebih baik terhadap sisa gas buangnya untuk udara dan lingkunangan.

Akan teteapi dilapangan banyak driver mengeluhkan akan tenaga kurang.Untuk itu perlu dilakukan penyetelan di beberapa komponen lain agar tenaga engine tetap dalam kondisi prima.

Info service Salah satu penyebab engine mogok tidak bisa starter pada mobil
Share This :