Cara kerja Cooling oli matic pada mobil nissan grand livina

Cara kerja Cooling oli matic pada mobil nissan grand livina

Pada era sekarang ini banyak sekali kendaraan yang sudah beralih ke transisi otomatis.Transmisi manual masih banyak orang yang menggunakan akan tetapi untuk kendaraan baru yang keluaran sekarang ini untuk type tertinggi menggunakan transmisi otomatis.

Karena memang lebih simpel dan mudah dalam mejalankanya maka kendaraan yang bertransmisi otomatis sangat laku dipasaran.Meskipun kendaraan second peminat mobil matic ini lebih tinggi dan juga harga jualnya sangat bagus dibandingkan dengan model transmisi manual.

Berbicara tentang transmisi otomatis dia menggunakan oli tranmsisi yang berbeda dengan transmisi manualnya.Oli khusus dengan high temperatur agar tidak terjadi selip ketika ketika berjalan dengan kecepatan tinggi.Harus dengan penanganan khusus agar tidak terjadi kerusakan pada mobil matic.

Karena tranmisi otomatis ini enak dibuat lari dan tarikan juga kencang maka kerja dari clutch didalam komponen juga berat.Untuk itu diberikan pelumas oli matic yang sangat baik.Tiap kendaraan menggunakan jenis oli matic yang berbeda sehingga jika salah oli maka kendaraan tidak bisa jalan.

Dengan kerja yang berat maka diperlukan pendinginan oli matic seperti halnya oli mesin.Kalau oli mesin diesel ada oil cooler dan di transmisi otomatis ada sebuah oil cooler khusus oli maticnya.Banyak yang digunakan oil cooler matic dengan bantuan air pendingin mobil nissan gradn livina.

Jadi nanti ada sebuah selang yang akan masuk kedalam radiator untuk mendinginkan oli matic.Didalam ruang radiator ada sebuah sekatan sehingga air radiator dan oli matic tidak akan bisa bercampur.Oli matic yang panas ini akan di dinginkan oleh system pendingin mesin.

Baca juga Penyebab honda jazz mogok tidak bisa starter I Fuel Pump Problem

Apabila terjadi engine over heat karena kehabisan air radiator maka akan berpengaruh terhadap oli maticnya.Akan berubah warna menjadi hitam coklat karena efek overheat dari engine tadi di mobil nissan grand livina.Untuk itu setelah perbaika engie yang over heat maka lakukan penggantian oli maticnya juga.Agar clucth didalam matic tidak cepat aus karena gesekan sesama clutch.

injector diesel common rail system

Aliran cooling oli matic yang panas tadi akan masuk melalui selang masuk diradiator dan akan keluar untuk menuju kembali ke body transmisi maticnya.Oli ini hanya melewati ruangan didalam radiator.Dengan hanya melewati air cooling yang sudah didinginkan kipas dan radiator maka oli matic ini juga akan menjadi turun temperaturnya.

Info teknik penyebab pajero sport stasioner tidak stabil dan tiba-tiba mati sendiri
Share This :