Kendaraan pajero sport yang pernah saya tangani banyak sekali trouble yang terjadi.Tidak hanya pajero bahkan semua kendaraan dengan system injeksi atau common rail akan mengalami kerusakan karena masa pemakaian kendaraan.
Dari sisi pemakaian bahan bakar yang salah dan cara perawatan yang tidak baik bisa membuat kerusakan pada kendaraan.Khususnya diesel engine yang sudah common rail maka jika tidak sering melakukan perawatan maka kendaraan akan cepat rusak terutama di supply pump dan injectornya.
Trouble kali ini dipajero sport dengan kendaraan datang ke bengkel dalam kondisi check engine menyala.Jika ada kendaraan seperti ini dengan system common rail harus diperiksa menggunakan diagnosis scan.Tidak hanya menggunakan ilmu kira-kira karena akan ketahuan dari data apa yang kurang dan tidak normal sehingga kita bisa menuju bagian komponen tersebut.
Banyak faktor check engine pajero sport hidup dari filter solar yang kotor untuk minta diganti.Atau dari sunction control valve yang macet atau dari sensor lain yang ada problem.Untuk scv ( sunction control valve ) penyebab macetnya adalah karena kualitas bahan bakar.Solar yang berfungsi juga sebagai pelumas tidak mampu melumasi plunger scv untuk bergerak secara periodik.
Karena tercampur dengan kotoran sehingga scv akan macet.Kotoran halus tidak mampu disaring menggunakan fuel filter yang akhirnya masuk ke dalam scv karena merupakan jalur utama masuk bahan bakar ke system common rail.
Dengan adanya scv yang rusak atau macet dalam posisi terbuka sedikit maka kendaraan akan mengalami stasioner tidak stabil atau engine pincang.Saat digas rpm tidak mau naik sampai 3000 rpm karena hanya dibatas di 1500 rpm.Saat kendaraan berjalan juga akan terjadi proble yaitu kecepatan kendaraan akan dibatasi hanya 40 km/jam.
Baca juga penyebab nissan serena mati tiba-tiba saat kendaraan berjalan
Jika sudah demikian maka harus ganti scv dengan yang baru.Untuk harga scv pajero sport bisa sampai 1 jutaan bahkan lebih.Untuk menghindari kerusakan pada kendaraan di scv nya maka selalu lakukan perawatan berkala pada kendaraan.Dengan membersihkan fuel filter mitsubishi pajero sport setiap 5000 km atau ganti setiap 10.000 km.
kenapa harus di flush saat ganti oli mesin
Untuk dari pabrik menyarankan penggantian secara berkala setiap 20.000 km akan tetapi terlalu lama karena kualitas bahan bakar yang kita gunakan tidak sebersih di negara maju.Banyak kandungan sulfurnya sehingga perlu dilakukan penambahan double filter solar agar lebih bersih bahan bakar yang masuk ke engine diesel common rail system.
Info teknik cara mengatasi rem depan yang selalu lengket saat parkir lama
Share This :
comment 0 comments
more_vert