Temperatur engine agar tetap terjaga di suhu normal harus di dinginkan setiap saat oleh kipas radiator.Selain air diradiator dapat hembusan angine saat mobil berjalan untuk proses pendinginan ada yang namanya kipas radiator.
Ada yang digerakan oleh putaran mesin untuk kipas ini dan ada pula yang digerakan oleh motor listrik sesuai dengan informasi dari sensor agar kipas ini dapat berputar.Banyak sekali terjadi engine over heat di jalan sehingga membuat mobil mogok.
Hal itu dikarenakan terjadinya kerusakan pada motor blower kipas radiator.Motor sudah terbakar sehingga tidak bisa berputar lagi.Pasti minta ganti dengan motor yang baru.Apabila tidak diganti maka proses pendinginan tidak terjadi dengan baik.
Untuk motor blower ini di kendaraan khususnya mobil sedan biasanya ada dua buah.Untuk system engine dan system ac.Ketika engine panas hanya satu kipas saja yang berputar ,akan tetapi setelah ac on dan temperatur tinggi maka motor blower untuk ac akan menyala.
Sehingga dua-duanya akan menyala bersamaan ketika temperatur panas kondisi ac menyala.Umur kendaraan anda dari baru sudah berapa tahun maka perlu yang namanya pemeriksaan motor blower kipas radiatornya.Bisa jadi brush atau arang sudah aus sehingga putaran motor menjadi lemah.
Info service Cara membersihkan rem mobil dengan sekali semprot_Brake Cleaner
Lemahnya putaran motor akan berakibat pendinginan tidak maksimal sehingga temperatur engine akan panas.Sangat berbahaya sekali jika temperatur engine yang panas di biarkan karena bisa terjadi over heat dan dapat merusak komponen di engine.
Jika terdengar suara ngorok atau suara abnormal dari sekitar radiator dan ternyata suara dari motor kipas yang sudah kasar maka segera periksa kondisi motor blower kipas.Bisa saja bearing sudah mulai aus dan dapat nanti oleng dan merusak radiator karena bertumbukan dengan kipasnya.
Baca juga Gejala kerusakan yang sering terjadi ppda REM TROMOL
comment 0 comments
more_vert