Kopling merupakan komponen yang sangat penting di kendaraan.Mobil yang menggunakan transmisi manual pasti menggunakan kopling sebagai penghubung putara mesin ke transmisi.Agar tidak terjadi perpindahan gigi di transmisi manual secara hentakan maka putaran mesin tersebut harus diputus sementara.
Dengan adanya kopling maka putaran mesin akan diputus sehingga perpindahan gigi lebih halus.Dan setelah masuk gigi transmisi sesuai kecepatan maka kopling dilepas dan menghubungkan kembali putaran mesinya.
Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara memeriksa kopling yang sudah aus pada kendaraan.Yaitu dengan cara yang sangat sederhana sekali dan bisa anda lakukan sendiri pada kendaraan atau mobil anda.Yaitu dengan cara waktu kecepatan tinggi semakin pedal gas di injak seharusnya mobil lari semakin kencang.
Namun setelah pedal gas di tekan hanya suara mesin saja yang terdengar lebih kencang.Mobil tidak semakin lari maka hal tersebut menandakan kampas kopling sudah aus.Jadi ketika aus maka tidak mampu menahan putaran mesin yang tinggi sehingga timbulah selip dikampas koplingnya.
Hal lain yang menandakan kampas kopling sudah aus yaitu pedal kopling semakin meninggi.Karena mobil manual menggunakan sebuah pedal kopling.Ketika waktu normal pedal kopling di angkat sedikit mobil sudah jalan namun ketika kampas kopling sudah tipis maka ketika pedal kopling di angkat terlalu tinggi baru kendaraan bisa jalan.
"Perbaikan Pin handle matic pajero"
Meskipun sudah di stel pushrodnya di master koplingnya namun tinggi pedal tidak bisa turun maka hal itu menandakan kampas kopling sudah tipis dan perlu penggantian.Hal lainya yaitu ketika karet penutup power clutch dan tuas koplingnya yang ada di transmisi dibuka dan ternyata kotoran hitam sangat banyak maka itu kopling sudah selip dan aus tentunya.
Demikian tips sederhana untuk mengetahui kinerja dan kondisi umur dari kampas kopling mobil anda.Karena letaknya didalam maka tidak perlu harus bongkar ketika ingine mengetahui kondisi kampas koplingnya.
Share This :
comment 0 comments
more_vert