Mesin common rail system di desain secara sempurna untuk mengurangi kadar emisi gas buang dari sisa hasil pembakaran.Dimana kendaraan ini semuanya dikontrol secara electronic dan ada beberapa komponen yang benar-benar berfungsi untuk membantu untuk mengontrol dan membuat gas buang bersih sesuai rekomendasi dari pemerintah yang akan di ukur dengan gas analizer dan harus masuk standart yang telah ditetapkan.
Untuk kendaraan pajero ditahun 2009 sudah menggunakan mesin common rail system dan sampai sekarang banyak yang menggunakan atau minum bio solar dikarenakan dari segi harga yang memang lebih tinggi dari harga bio solar.Tapi tahu efeknya dikendaraan tersebut yang menggunakan bio solar yaitu tenaga engine kurang,pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan asap knalpot hitam pekat.
Dari komponen seperti EGR system juga akan cepat kotor dan bisa membuat tersumbat aliranya,begitu dengan catalytic converter akan lebih kerja lebih extra agar sisa hasil pembakaran dapat di netralkan dengan cara dibakar dengan panas dari komponen didalam catalytic tersebut.
Maka dari itu akan membuat catalytic converter akan mudah tersumbat sehingga akan cepat sekali rusak.EGR yang jarang di bersihkan akan juga cepat rusak dan injector akan cepat buntu jika filter solar jarang sekali di berishkan secara berkala.
Dengan adanya engine euro 4 yang standart gas buang harus benar-benar bersih maka diwajibkan menggunakan minimal pertadex yang ppm nya dibawah 50.Krena untuk dexlite dan bio solar ppm nya masih sangat tinggi kandunganya,sehingga tidak disarankan.Hal itu dikarenakan agar komponen part di engine tetap terjaga dan gas buang juga bersih,tidak ada polusi gas buang yang hitam seperti pada mobil diesel pada zaman dulu.
Yang perlu dilakukan jika minum BIO Solar
Kalau ditanya masalah bisakan pakai bio solar maka jawabanya adalah bisa saja namun harus tetap menjaga dan merawat engine anda secara berkala agar nanti tidak menyesal dikemudian hari karena terjadi kerusakan di mesin kususnya injector yang tersumbat atau ada kerusakan yang lainnya.
Share This :
comment 0 comments
more_vert